Cara melewati Untrusted Connection di Mozilla Firefox

untrust1b

Pernah mengunjungi suatu website dengan Mozilla Firefox dan muncul pesan “The connection is Untrusted”? Jadi anda ditahan di halaman peringatan ini dan tidak bisa membuka situs tersebut karena keamanan koneksinya diragukan. Kenapa kok anda dicegah memuat website tersebut? Bagaimana cara mengatasi Untrusted Connection di Mozilla Firefox?

Munculnya pesan error “This connection is Untrusted” ini dikarenakan sertifikat Secure Socket Layer (SSL) error di website tersebut. Ini yang membuat Mozilla Firefox memperingatkan anda ada resiko keamanan bila ingin mengunjungi situs tersebut. SSL Certificate ini digunakan untuk mengamankan koneksi ke website dan sekaligus mengidentifikasi website tersebut.

Cara melewati SSL Error di Mozilla Firefox

Ada beberapa jenis error SSL sebenarnya, salah satunya adalah salah melaporkan identitas website ke browser. Ini tidak bisa diperbaiki dari sisi pengguna, harus si pemilik website yang mengatasinya. Karena itu saya ajarkan cara melewati halaman error Firefox untuk mengakses website tersebut. Buka dulu website yang muncul error This Connection is Untrusted.

mozilla-firefox-this-connection-is-untrusted

Alasan kenapa muncul SSL Error akan ditampilkan pada bagian Technical Details, yang pada gambar terlihat dikarenakan “The certificate is only valid for nodedeploy.com” Error code: ssl_error_bad_cert_domain.

mozilla-firefox-technical-details
Setahu saya cuma ada satu penyebab SSL error yang berasal dari komputer anda, yaitu disebabkan jam komputer anda salah. Ini bisa dilihat pada bagian yang sama tapi menginformasikan “The certificate expired on 8/1/2014 2:23 AM” Error code: sec_error_expired_certificate. Cara memperbaiki SSL Error karena waktu yang tidak tepat ini mudah, dengan membenarkan jam komputer ke waktu sekarang.

Selanjutnya di halaman Untrusted Connection ini geser ke paling bawah dan klik I Understand the Risks. Akan muncul tombol Add Exception, klik tombol itu.

mozilla-firefox-i-understand-the-risks

Jendela Add Security Exception akan tampil dan klik Confirm Security Exception untuk membuat pengecualian SSL Error untuk website tersebut. Beri centang pada Permanently store this exception supaya anda tidak ditanyai setiap kali mengakses situs yang bermasalah dengan sertifikat SSL.

mozilla-firefox-add-security-exception

Setelah ini website yang muncul Untrusted Connection tersebut akan terbuka seperti normal kembali.

Metode yang sama untuk mengatasi SSL error di Google Chrome juga bisa dilakukan, walau penjelasanna agak sedikit berlainan.

 

Kata Kunci :

  • mozilla cafe malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *