Cara Cepat Mengatasi Insomnia

Cara Untuk Mengobati Insomnia

Bagi beberapa Orang penyakit insomnia atau susah tidur merupakan sebuah momok yang mengerikan. Itu karena insomnia dapat menghambat aktivitas mereka. Khususnya bagi mereka pekerja kantoran, pelajar, wanita karier, mahasiswa. Berikut cara tepat mengatasi insomnia yang wajib anda praktikkan.

Tips Cara Tepat Mengatasi Insomnia

Jangan konsumsi kafein
Semua orang tahu bahwa kafein akan membuat anda terjaga dari tidur. Jika anda pecandu minuman atau makanan berkafein sebaiknya konsumsi setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur.

Olahraga teratur

Olah raga teratur

Olah raga teratur

Olahraga teratur telah terbukti menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas tidur anda. Sebaiknya lakukan olahraga di pagi hari atau tidak mendekati waktu tidur. Dan ketika bangun nanti tubuh anda akan terasa segar.

Perbanyak mengonsumsi nutrisi zat besi
Zat besi memegang peranan penting untuk mebuat tidur anda menjadi lebih baik dan berkualitas. Kekurangan zat besi menyebabkan insomnia dan kelelahan. Berikut makanan kaya zat besi yang wajib anda konsumsi seperti brokoli, daging serta kacang-kacangan.

Jangan merokok sebelum tidur
Sama halnya dengan kafein, nikotin pada rokok juga akan membuat anda insomnia dan tidur anda menjadi tidak nyaman.

Konsumsi Yoghurt dan Susu
Dengan adanya kalsium, kedua minuman diatas akan membuat tubuh kita menjadi santai dan rileks. Bukan hanya itu saja, kalsium juga menurunkan tekanan darah, gula darah dan kecemasan. Almond dan brokoli juga dianjurkan secara makanan tersebut merupakan sumber kalsium.

Kurangi pencahayaan
Bagi beberapa orang cahaya merupakan hal yang mempengaruhi tidur mereka. Itu terbukti secara teori Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya.

Konsumsi Kacang-kacangan dan sayuran hijau
Syuran segarKacang – kacangan dan sayuran hijau mengandung Magnesium yang berfungsi membuat tidur anda menjadi lebih rileks. Magnesium menurunkan kecemasan, mengurangi tekanan darah tinggi serta mengurangi sakit kepala. Sumber makanan lain yang mengandung Magnesium diantaranya wortel, ubi jalar, pisang dll.

Konsumsi makanan yang mengandung kalium
Kalium merupakan elektrolit penting yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dan membuat tidur anda lebih lelap. Contoh makanan lainya yang mengandung kalium yaitu Yoghurt, mentimum, tomat, alpukat dan lainnya.

Konsumsi telur
Telu mengandung protein dan asam amino yang mengurangi hormon stress, memberikan rileksasi pada tubuh anda, yang akan membuat tidur anda pulas. Konsumsi juga salmon, gandum, dan biji labu.

Atur waktu tidur anda
Sebaiknya anda membiasakan mengatur waktu tidur anda sebisa mungkin. Setelah terbiasa, nantinya akan menjadi rutinitas kapan waktu anda tidur dan kapan waktu bangun.

Rileksasikan pikiran anda menjelang tidur
Banyak cara untuk membuat pikiran anda rileks, seperti mandi air hangat, membaca, mendengarkan music dan lain sebagainya.

Perhatikan hal – hal sepele
Banyak hal-hal kecil yang dapat membantu mengatasi susah tidur dan membuat tidur anda lebih nyaman, diantaranya membersihkan tempat tidur, penempatan posisi tidur, hindari penggunaan gadget berlebihan menjelang tidur, berhenti memandangi jam terus menerus dan lain sebagainya.

Pergi ke dokter dan konsumsi obat tidur
Jika cara mengatasi insomnia diatas tidak berefek, mungkin sebaiknya anda harus pergi konsultasi ke Dokter. Setelah itu konsumsi obat sesuai resep dokter.

Itu tadi Tips Cara tepat mengatasi Insomnia yang wajib anda laksanakan bagi anda penderita insomnia supaya tidur anda lebih berkualitas.

Kata Kunci :

  • dokter yang menangani insomnia di kota malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *