Cara cepat agar website muncul di search engine

Berikut adalah langkah umum agar web kita dapat terindex dalam search engine google atau yahoo, pada kategori pencarian yang relefan dengan apa yang kita jual

1. Menentukan Keyword
Sebaiknya berfikirlah lebih dalam dalam menentukan keyword (kata yang membuat Anda mudah ditemukan dalam search engine), gunakanlah alat bantu atas keyword yang Anda pikirkan, coba kunjungi web lain sejenius yang dapat menganilisis keyword yang Anda sedang pikirkan.

2. Pilihlah Domain yang relefan
Memilih nama domain memang tidak harus dengan relefan dengan apa yang kita jual, namun sebaiknya cari dan pilihlah domain yang relefan dengan apa yang Anda jual. Bila Anda bertanya mengapa domain yang kami pilih adalah yang tidak relefan dengan produk yang kami jual, itu karena kami memiliki alasan dan tujuan khusus akan hal itu.

3. Menyiapkan content
Bila ingin berhasil dalam memposisikan web kita pada pencarian yang sesuai harapan maka mulailah dari sekarang untuk belajar menulis dan menyenanginya. Sepengetahuan kami masih banyak diantara pemilik web yang enggan atau tidak bisa menulis atau menciptakan sebuah tulisan dengan materi yang relefan dengan apa yang mereka jual. Atau bahkan yang lebih menyedihkan banyak pemilik web yang menyadur data dari web orang lain. Cobalah untuk menulis dan membahas produk Anda. Misalkan produk yang Anda jual adalah roti, cobalah mulai beranikan diri untuk membahasnya, misalnya saja buat tulisan yang berjudul sederhana seperti “Cara Membuat Roti yang Baik” dari ide pikiran Anda sendiri. Kebiasan menulis adalah awal kerberhasilan dari seorang E Marketing.

4. Melakukan Submission (Pendaftaran web kita ke direktori dan search Engine)
Perbedaan mendasar dari Search Engine dan Direktori adalah, Search Engine tidak memerlukan orang khusus untuk memvalidasikan apakah web kita diterima atau tidak setelah didaftarkan, semua itu dilakukan oleh sistem dari search engine, bahkan untuk web tidak didaftarkanpun secara otomatis dapat terindex ke dalam search engine. Meskipun demikian cobalah untuk tetap mendaftarkan web kita. Sedangkan direktori web itu divalidasikan oleh editor dan biasanya mereka langsung memeriksa web kita apakah sesuai dengan form yang kita isikan saat lakukan pendaftaran. Dan ini biasanya jauh lebih rumit daripada kita mendaftarkan web kita ke search engine. Cobalah untuk mendaftarkan web kita . DMOZ mungkin tidak dapat Anda harapkan untuk bisa memberikan link dengan cepat. Mereka menggunakan editor volunteer yang bekerja sesuai dengan waktu senggangnya. Anda bisa melakukan submit ke direktori lain yang sudah cukup terkenal.
Coba gunakan alat bantu yang dapat Anda Download dibawh ini
– Directori Submitter
– Web CEO
Atau coba Anda lihat link ini

5. Terus tambahkan contents web Anda.

Semakin sering Anda melakukan penambahan contents web atau minimal ada perubahan dalam web kita, search engine akan semakin ‘merasa perlu’ dan sering melakukan indexing terhadap web kita agar database mereka juga ikut terupdate dan menampilkan pencarian yang paling relefan.

6. Buatlah inbound link secara bertahap

Langkah yang juga tidak kalah pentingnya adalah dengan membuat inbound link ini penting untuk link popularity. Mulai dari yang sederhana, misalnya dengan mendaftarkan web kita pada iklan-iklan baris nasional, hingga mencantumkan web kita pada social bookmark atau web-web besar yang notabene banyak pengunjungnya sepertihttp://www.utube.com, komunitas friendster atau yang lain. Coba kunjungihttp://www.directorycritic.com untuk melihat link direktori lengkap dengan informasi pagerank.

7. Lakukan semua dengan konsisten
Setelah melakukan itu semua, usahakan untuk terus konsisten, khususnya dalam hal penambahan contents web dan penambahan inbound link untuk web kita.

8. Untuk website dengan jumlah halaman
Untuk website yang banyak, penggunaan sitemap juga akan mempermudah search engine membaca keseluruhan dari content website Anda. Sitemap ini juga bisa dibuat dengan bantuan tools khusus (www.google.com/webmasters/tools/docs/en/sitemap-generator.html), sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual.

9. Periksa Broken Links
Cobalah kunjungi http://www.dead-links.com untuk memeriksa apakah ada link dalam web kita yang terputus (Blank)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *