CARA AMPUH MENGHILANGKAN STRESS DENGAN MUDAH

cara memanjakan diri

Stres adalah salah satu masalah mental yang sulit dihindari. Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres. Namun tak semuanya memahami bagaimana cara yang paling tepat untuk mengatasi stres yang mereka rasakan.

Stres tak bisa diremehkan karena meski terjadi dalam tataran psikologis, stres juga bisa mempengaruhi kesehatan fisik seperti melemahkan sistem kekebalan tubuh yang nantinya bisa memicu berbagai macam penyakit. Jika Anda mengalami stres, coba atasi dengan beberapa cara yang sudah teruji keampuhannya, berikut ini seperti dilansir oleh Daily Health Post (05/05).

1. Olahraga
Olahraga adalah kegiatan pertama yang diketahui paling ampuh untuk membuat seseorang merasa lebih tenang dan santai. Jika mengalami stres, Anda bisa melakukan olahraga seperti jogging, berlari, push up, dan sejenisnya. Setidaknya, Anda bisa meredakan stres dengan berjalan-jalan santai. Jika ingin menghilangkan stres dengan cepat, lakukan olahraga secara teratur dan lakukan gaya hidup yang aktif.

Olahraga tak hanya baik untuk tubuh, melainkan juga baik untuk kesehatan mental. Penelitian mengungkap bahwa olahraga bisa menurunkan kecemasan, depresi, dan stres secara umum. Orang yang lebih aktif dan banyak bergerak juga diketahui lebih jarang terkena stres.

2. Menulis
Sebuah penelitian dalam Journal of Psychology mengungkap bahwa menulis bisa membantu meredakan stres yang dirasakan seseorang. Selain menulis mengenai hal yang membuat seseorang merasa stres, menulis daftar mengenai hal-hal yang harus dilakukan juga bisa membantu membuat seseorang lebih santai dan menemukan cara keluar dari masalah mereka, jika memang stres tersebut disebabkan oleh masalah. Peneliti menemukan bahwa orang yang menulis merasa mereka memiliki kontrol lebih besar terhadap diri sendiri dan terhadap masalah, sehingga mereka mengalami penurunan tingkat stres.

3. Makan sehat
Makanan juga bisa berpengaruh terhadap stres yang Anda rasakan. Makanan tertentu bisa memicu stres, sementara lainnya bisa membantu meredakan stres. Terkadang orang makan lebih banyak ketika merasa stres, padahal makan lebih banyak justru bisa meningkatkan stres. Anda harus mulai makan makanan sehat dan hindari makan berlebihan ketika stres.

4. Manjakan diri
Ketika mengalami stres, tak ada salahnya untuk memanjakan diri Anda sesekali. Ini bisa jadi berkaitan dengan makanan atau lainnya. Tubuh Anda perlu dimanjakan sesekali agar tak mengalami stres. Anda bisa melakukannya dengan melakukan hal-hal yang Anda anggap menyenangkan, misalkan melakukan hobi, merawat tubuh, dan lainnya.

Itulah beberapa hal yang diketahui ampuh untuk meredakan stres. Ketika mengalami stres, jangan ragu untuk melakukan hal-hal di atas. Jangan terlalu lama memelihara stres, karena dampaknya akan buruk untuk mental dan fisik Anda.

Kata Kunci :

  • cara supaya love bird tidak gampang stres
  • push up bisa menghilangkan kecemasan despresi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *