Cara Akses Email tanpa koneksi Internet dengan Google Chrome

Google perusahaan terbesar yang mengatur informasi dunia ini baru saja mengumumkan fitur terbaru pada aplikasi browsernya yakni Chrome. Saat ini bagi para pengguna akun Google khususnya Gmail dapat mengakses email tanpa koneksi internet atau secara offline menggunakan browser Chrome.

Pada browser Chrome, pengguna tidak memerlukan koneksi internet untuk mengakses atau melihat update email yang masuk. Fitur terbaru inijuga memungkinkan pengguna untuk memilih durasi hari yang ingin dilihat dari email. Dari sepekan, dua pekan, atau satu bulan. Dengan hadirnya fitur ini tentunya sangat membantu ketika tidak ada koneksi internet.

Caranya mengaktifkan fitur ini cukup mudah. Langkah pertama pengguna hanya perlu menambahkan ekstensi Offline Google Mail ke browser Chrome yang digunakan, (download ektensi disini: Gmail Offline). Setelah muncul notifikasi klik “add to chrome” maka pop up atau perintah instalasi aplikasi akan muncul. Klik “install” dan aplikasi Gmail Offline tersebut akan terpasang pada browser Google chrome Anda.

Cara kerja dari fitur Gmail Offline adalah dengan membuat backup atau salinan secara otomatis begitu terkoneksi ke email dan akan disimpan ke dalam perangkat komputer sehingga pengguna bisa membuka serta melihat isi dari email.

Untuk menggunakan ektensi Gmail Offline, setelah proses installasi selesai, buka tab baru pada chrome, lalu klik pada iconGmail Offline maka akan terbuka daftar email dari Gmail seperti email masuk dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *