Candi Singosari

Candi-Singosari-Malang

Candi-Singosari-Malang  Candi Singosari Malang, salah satu peninggalan sejarah pada masa Kerajaan Hindu-Budha. Candi yang memiliki tinggi 15 Meter ini terletak di kawasan kecamatan Singosari tepatnya di desa Candirenggo Kabupaten Malang, berjarak sekitar 10 KM dari arah kota Malang. Lokasi Candi singosari sendiri sangat mudah di temukan karena memang letaknya tak jauh dari akses jalan besar Malang menuju Surabaya. Biasanya orang memakai pasar Singosari sebagai patokan, karena letaknya tidak jauh dari pasar tersebut, kira – kira jaraknya sekitar  500 m dari pasar singosari.

 

 

Candi Singosari Malang di temukan oleh orang Belanda pada abad ke-18 ( 1800-1850 ), saat itu namanya adalah candi menara karena bentuknya yang seperti menara. Ternyata banyak nama lain dari candi Singosari ini, ada juga nama candi cella yang di berikan oleh orang Eropa yang mengunjungi candi ini pada tahun 1856, kenapa di beri nama cella karena ada 4 buah celah yang menghiasi candi ini, ada juga orang menyebut dengan candi cungkup, ada juga nama candi Renggo karena letaknya di desa Candirenggo dan akhirnya bernama candi Singosari karena candi ini terletak di singosari. Candi Singosari Malang ini di bangun dengan cara menumpuk batu Andesit yang kemudian di ukir dari Atas ke bawah, batu andesit sendiri adalah Batuan beku vulkanik yang biasanya di gunakan untuk membuat nisan kuburan orang Thionghoa, arca –arca untuk hiasan, cobek atau layah dan banyak lagi.

Bagian – bagian Candi Singosari Malang

Candi ini di bagi menjadi 4 bagian, yaitu teratas adalah bagian atap, yang di susul oleh bagian tubuh candi, kemudian ada kaki candi dan bagian terbawah adalah teras candi.

Belum ada yang tau persis kapan Candi Singosari Malang ini di dirikan, tetapi menurut para sejarawan candi ini di bangun pada tahun 1300. Candi ini di bangun untuk memperingati 12 tahun kematian Raja Kertanegara.

PETA LOKASI TEMPAT CANDI SINGOSARI MALANG

Sebenarnya di komplek Candi Singosari Malang terdapat 7 bangunan candi. Hanya saja beberapa candi sudah runtuh dan banyak arca yang tidak berada pada tempatnya, dan candi yang bisa di selamatkan adalah candi yang sekarang bernama candi Singosari ini. Dan ada juga arca – arca yang berasal dari komplek percandian ini di bawa ke Belanda tepatnya di museum yang ada di Leiden. Dan arca – arca yang berada di halaman candi saat ini merupakan sisa sisa dari candi yang sudah musnah. Marilah kita menjaga peninggalan – peninggalan Sejarah yang ada di Negara Indonesia, jangan sampai justru Negara lain yang menjaganya. Pesan admin jangan merusak atau mengotori tempat – tempat bersejarah karena tempat – tempat itu patutnya kita jaga dan kita lestarikan keberadaannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *