Buah dan Sayuran Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Jika ada cara termudah dan menyenangkan untuk melindungi jantung, tentu jawabannya adalah dengan makan buah dan sayuran. Lebih dari itu, kesehatan jantung tentu menopang kesehatan tubuh secara umum, dan pada akhirnya meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Beberapa buah dan sayur berbeda warna berikut ini telah terbukti mendatangkan banyak manfaat, dan mampu menjaga kesehatan jantung.

Tomat dan Semangka

Tomat dan semangka adalah sumber alami likopen (lycopene) terbaik, yaitu senyawa antioksidan yang ampuh. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang memiliki banyak kandungan likopen dalam aliran darah mereka 55% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan mereka yang sedikit memiliki likopen.

Bayam dan Brokoli

Bayam mengandung nitrat yang sangat tinggi, yang telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah serta meningkatkan fungsi jantung. Begitu pula hanlnya dengan brokoli, yang melimpah akan senyawa antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Nanas dan Jagung

Dari golongan berwarna kuning, ada nanas dan jagung. Semangkuk potongan nanas mampu memenuhi 100% asupan vitamin C yang anda butuhkan dalam sehari. Vitamin C membantu jantung melawan radikal bebas, serta molekul-molekul lain yang merusak di dalam tubuh.

Kandungan lutein yang terdapat pada jagung membantu mencegah penyumbatan arteri, yang merupakan penyebab utama sakit jantung.

Jeruk (orange)

Buah jeruk terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Akan tetapi, selain tinggi akan vitamin C, sebuah jeruk mengandung 3 gram fiber atau serat, yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu terdapat pula potasium, mineral yang membantu menjaga tekanan darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *