Boim Koffie: Coffee Shop Bergaya Rustic

cafe di malang boim cafe 2

Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa Cafe dengan identitas “Kopi” di Kota Malang cukup banyak hanya yang memiliki cita rasa sesungguhnya soal kopi gak banyak. Kali ini, saya punya rekomendasi tempat nyeduh kopi kece di Kota Malang yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di Malang.

Sebelumnya, mari kita coba mengenal lebih jauh tentang proses roasting, sederhananya proses ini merupakan cara memasak biji kopi. Ketika biji kopi dimasak, seperti halnya daging, tepung gandum, dan bahan lainnya yang dimasak, ada suatu reaksi kimia yang menyertai.

Karakter biji kopi juga berubah. Lebih lama biji kopi itu dimasak, semakin banyak bahan kimia yang berubah karakteristiknya. orang yang menggoreng atau menyangrai kopi. Orang yang berkecimpung di bidang ini haruslah mempunyai pengetahuan kopi yang baik makanya mereka disebut sebagai roaster.
cafe di malang boim cafe 1
Cara menggoreng atau menyangrai dan mencampur kopi (blending) dengan baik sehingga menghasilkan kopi dengan cita rasa yang enak. Untuk menghasilkan roasted coffee (kopi yang sudah disangrai) sang roaster harus memiliki pengetahuan tentang biji kopi itu sendiri dengan baik, jenisnya, tipikal daerah asal dan proses pasca panen.

Nah, salah satu rekomendasi buat kamu yang hendak menyeduh kopi di Boim Koffie adalah Cortado. Apa sih itu Cortado?

Cortado (kata “Cortar” dari bahasa Spanyol, berarti memotong) dikenal sebagai “Tallat” di Catalan, “Ebaki” di Basque, “Pingo” atau “Garoto” di Portugal dan “noisette” di Perancis; adalah espresso yang dipotong dengan sedikit susu hangat untuk mengurangi keasaman. Rasio susu untuk kopi adalah antara 1:01-1:02, dan susu yang ditambahkan pada gelas yang diisi espresso.

Susu disteamed namun tidak sampai memiliki banyak busa. Minuman ini populer di Spanyol dan Portugal, serta di seluruh Amerika Latin. Di Kuba, minuman ini dikenal sebagai cortadito. Biasanya disajikan dalam gelas khusus, seringkali dengan basis cincin logam dan pegangan kawat logam. Kalo di Boim Koffie pake gelas biasa kok, Hehehe.
Buat kamu yang gak suka kopi. Jangan khawatir, disini juga ada hot chocolate, green tea latte, taro latter dan strawberry latte.

Suka minum teh? Ada white tea, green tea, black tea, thai green tea dan thai tea yang bisa jadi pilihan buat kamu saat b erkumpul bersama teman di Boim Koffie. Apalagi kalo diseduh pas musim hujan bersama sepotong roti bakar hmmm yummy.

Ingin sesuatu yang beda di minumanmu?
Ada extra yang bisa kamu tambah dalam minumanmu seperti hazelnut, vanilla, caramel, Jamaica rum, crème de menthe dan almond.
Biar kamu relax. Kamu bisa memesan mini bread beraneka rasa dan Belgian waffle. Ingat! Ada sorted bakery juga lho. Jadi, setiap hari bakal ada menu bakery yang berbeda. Untuk bisa tahu, bakery hari ini apa? See on the chalkboard or ask boim koffie crew what available :)
cafe di malang boim cafe 3

Keunggulan kafe ini adalah kenyamanan!
Buat kamu yang memiliki anak dan pengen menghabiskan weekend bersama keluarga di kafe. Jangan khawatir kafe ini ada meja panjang yang peruntukkanya untuk kamu yang berkeluarga. Selain itu, ruangan ini juga terdapat fasilitas smoking area jadi gak usah khawatir buat yang membawa anak atau kamu yang gak suka sama asap rokok.

Smoking Room
Seperti yang terdapat dalam judul di atas bahwa Coffee Shop ini berdesign rustic. Apa sih itu rustic? Secara sederhana sih, sesuatu yang simpel, tak berseni dan kasar. Gaya rustic dalam desain arsitektur dan interior yang menitikberatkan pada kesan alami, dari material yang tidak difinish-ing atau dihaluskan, misalnya kayu, batu, logam, dan sebagainya. Seperti yang terdapat di bawah ini:
Keunikan lainnya adalah kamu bisa request minuman kopi apa yang kamu inginkan. Sang roaster sekaligus ownernya @adityaboim dengan ramahnya membuat minuman kopi yang gak bakal kamu lupakan!

@adityaboim dengan senang hati berbagi pengetahuan tentang kopi kepada kamu. Anw, saya juga tadi ngobrol loh sama ownernya. Dapat banyak ilmu soal kopi dan bagaimana banyaknya macam kopi Indonesia dengan beraneka ragam ciri khas. Salah satunya, kopi Bali Kintamani yang fruity sehingga saat kamu meminum kopi ada rasa kecut di sana. Bali kintamani sendiri adalah espresso dengan menggunakan biji single origin bali kintamani.

Bali Kintamani on my face!
Buat kamu yang ingin beli aneka macam kopi, pengen nyeduh kopi tapi pengen meraciknya sendiri? Bisa banget datang ke Boim Koffie yang berlokasi di Jl. Basuki Rachmat No.11 C samping Batik Wirahadi. Dari Telkom Alun-Alun lurus sedikit, jadi lokasinya strategis banget untuk kamu kunjungi.

Saat weekday, kafe ini akan buka pada pukul 1 siang sampai jam 10 malam. Sedangkan di hari weekend kafe ini akan buka lebih pagi yaitu jam 10 sampai 10 malam. Jangan lupa untuk beli kopi aneka rasanya juga ya!

Jadi, tunggu apa lagi! Jangan sampai kamu ketinggalan untuk mencicipi kekayaan kopi Indonesia. Info lebih lanjut, silahkan follow twitter dan Instagram mereka di alamat @BoimKoffie. Sekedar bocoran juga, mereka juga sering memberikan Muffin gratis. So, sering-sering yah kepoin twitter mereka.

sumber : arsyadiriansyah.com

#cafe di malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *