Blog wordpress terkena suspend ?

Sekedar share aja nih beberapa waktu lalu gak nyangka blog saya ini bakal kena suspend dari TOS wordpress, padahal sudah hati-hati karena pernah baca sebelumnya dari sharing teman-teman sesama blogger wordpress.com perihal tindakan-tindakan yang bisa menyebabkan blog kena suspend, eh masih kena juga.

Begini ceritanya, Bermula dari memperbaharui (update) postingan sebelumnya yang berjudul Cara share artikel ke google+ via opera mini, kemudian saya tambahkan lagi tutorialnya, “cara share artikel ke jejaring sosial netl0g,com.” Karena caranya hampir sama dengan ke google+, tak lupa juga menyertakan 1 link hidup ke netl0g.

Selang satu hari kemudian petaka itu terjadi, jelang tengah malam dashboard blog mendapat peringatan bahwa “blog ini telah disuspend atau tidak diaktifkan (deactivated) karena melanggar ketentuan layanan kami (Term of Service)” dan Blog pun tidak bisa diakses. Waduuh?#!’ (Panic mode : on)

Disitu disebutkan kemungkinan2 alasan blog saya disuspend yang mana dari semua tuduhan2 itu saya MENYANGKALNYA semua. Yuk kita teliti satu persatu

  1. designed to promote affiliate links = Maksudnya blog tidak boleh dipakai untuk mempromosikan link afiliasi dengan mengarahkan pengunjung ke suatu halaman yang menawarkan layanan barang atau jasa melalui link rujukan anda.
  2. get rich quick programs = Artinya hampir sama dengan sebelumnya, blog tidak boleh dipakai untuk mempromosikan link yang berisi ajakan cara cepat jadi kaya dari internet seperti uangpanas,com formulabisnis,com dan lain sebagainya
  3. have banner ads = Memasang banner iklan
  4. consists solely or mostly of duplicate = Blog terdiri dari atau sebagian besar berisi duplikat konten yang mempunyai hak cipta yang dilindungi undang2
  5. automatically generated material = Materi tulisan dihasilkan secara otomatis (emang bisa gitu?)
  6. part of a search engine marketing campaign = Ikut bagian dalam kampanye pemasaran sebuah mesin pencari, ini kayaknya nyinggung “wazzub”, mesin pencari baru yang katanya akan membayar para anggotanya yang mengajak anggota baru untuk gabung.

Karena saya tidak merasa melakukan hal-hal tersebut lalu, kenapa blog saya disuspend..????
Berikut kutipan email yang saya kirimkan ke TOS support wordpress dibawah ini menjadi jawabannya.

 

Dear folks at wordpress.com
Could you tell me why my blog at https://blabala.wordpress.com is deactivated?, as you can see that my blog dont designed to promote affiliate links, get rich quick programs, dont have banner ads, consists solely or mostly of duplicate or automatically generated material, or is part of a search engine marketing campaign. If I made mistake and violate your TOS I’m sory and If you let me know where the mistake is, I’ll fix it very soon.

Jawaban dari pihak wordpress :

Can any links to en.netlog,c0m be removed, please? These are not permitted on WordPress.com, and our system has an automatic check in place for them

Alhamdulillah 12 jam kemudian blog saya aktif kembali sesaat setelah email respon dari wordpress datang. Oalaah’ jadi itu masalahnya, membuat link hidup ke jejarsos netl0g TIDAK DiIZINKAN, agak kontradiksi bukan jika sebelumnya kita biasa membuat link hidup juga ke jejaring sosial ternama seperti facebook, twitter, google plus dll tidak menjadi masalah, kenapa NETL0G tidak boleh ?
Pertanyaan itu masih menjadi misteri hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *