BIO ETANOL DARI DUSUN KRAJAN

bio tol

Gedangan – Hariyono, 43, warga Dusun Krajan Lor desa  Gedangan Kecamatan Gedangan patut menjadi contoh. Karena dia telah berhasil memproduksi bio etanol dari jagung yang selama ini belum ada yang menggunakan. Dia memproduksi etanol di sebuah tempat yang diberi nama Plasma Hariyono Gedangan yang  merupakan satu unit usaha dengan Sumawe Thanol.

Sumawe Thanol sendiri sekarang ini dikelola oleh kelompok tani (poktan) Girimakmur yang berada di Desa/ Kecamatan Sumbermanjing Wetan

Meskipun masih mengawali, tetapi semangat Hariyono tampak saat melakukan proses produksi etanol. Hasil etanol yang dia produksi berkadar 70 persen alkohol, sehingga sangat tinggi untuk produksi dengan alat yang sederhana. Hariyono menjelaskan, untuk mendapatkan bio etanol 10 liter, membutuhkan 40 kilogram jagung kering, 100 liter air, satu tutup botol enzim, dan ragi. “Kalau untuk enzim, ini buatan poktan, dan prosesnya juga rahasia,” canda Hariyono.

 

Pihak poktan mengklaim kalau hasil dari bio etanol yang dibuat oleh kelompoknya mempunyai kulitas bagus. Selain itu pembutan juga menggunakan jagung, yang merupakan hal baru. Selain itu, dengan menggunakan jagung, hampir tidak ada yang terbuang, karena semua bisa dimanfaatkan. Seperti halnya, ampas jagung usai diambil etanolnya, dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak, dan dari hasil lab, kadar protein dari proses penyulingan malah meningkat. Selain itu air sisa air perasan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair. “Semua termanfaatkan, dan mempunyai nilai jual,” jelas dia.

Dari dua kali produksi dengan 80 kilogram jagung menghasilkan 70 liter pupuk cair, dengan harga jual Rp 10 ribu per liter. Sedangkan jagung dari 40 kilogram jagung usai melalui proses produksi etanol menghasilkan 30 kilogram ampas jagung yang mempunyai nilai jual Rp 4,5 ribu. “Selama ini untuk penjualan masih dibantu melalui poktan, dan sudah ada sampai sekarang,” ungkap Dia. Dengan bantuan alat dari poktan, etanol sudah digunakan beberapa warga.

 

Kata Kunci :

  • bioetanol daerah Malang
  • bioetanol di malang
  • bioethanol di malang jual dmana
  • harga etanol di kota malang
  • sumbermanjing produksi etanol
  • tempat produksi etanol di malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *