Berbagai Cara Perawatan Tanaman Hias Di Dalam Pot

tips merawat tanaman hias

Dewasa ini hobi menanam pohon mulai digalahkan kembali. Ya, pasalnya pohon memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari menanam pohon bagi kelangsungan hidup manusia. Mengingat pohon merupakan sumber dari oksigan yang dihirup setiap harinya.

Saat ini untuk bisa menanam pohon tidak harus memiliki lahan yang luas. Bagi warga kota yang hidup di lahan yang terbatas ternyata masih bisa menanam pohon dengan leluasa. Bahkan saat ini menanam pohon sudah menjadi bagian dari trend gaya hidup masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

Ada beberapa cara atau teknik menanam pohon yang bisa dilakukan di lahan yang sempit. Mulai dari menggunakan media polybag, pot, atau bahkan saat ini sudah bisa menggunakan media tanam yang terbuat dari air.

Mayoritas pohon atau tanaman yang ditanam di media-media yang tak memerlukan lahan lebar ini adalah tanaman hias. Selain banyak manfaatnya juga dapat membantu mempercantik tampilan murah.

Namun untuk merawat tanaman hias agar tetap sehat dan cantik tidaklah mudah. Berikut beberapa cara perawatan tanaman hias yang biasa ditanam di dalam pot secara benar dan tepat.

1. Pemilihan Pot

Sebelum melakukan penanaman tanaman hias, yang harus diperhatikan adalah saat memilih pot dan media tanam. Usahakan pot yang dipilih sesuai dengan jenis tanaman hias yang akan ditanam. Selain itu usahakan juga untuk memiliki desain pot yang sesuai dengan tempat dimana pot itu akan diletakkan.

Pilih pot yang memiliki lubang drainase yang cukup. Setelah pot siap, langsung isi 1 per 3 pot dengan media tanam, dan masukkan tanaman hias ke dalam pot. Yang harus diperhatikan saat memasukkan tanaman ke dalam pot adalah, jangan menghilangkan semua media asal tanaman karena akan mempersulit tanaman tersebut beradaptasi.

Setelah tanaman masuk ke dalam pot, tutup dengan media tanam yang tersisa dan padatkan. Usahakan untuk tidak mengisi pot sampai penuh. Beri sedikitnya sisa 2 cm agar saat disiram air tidak meluber. Jangan lupa bersihkan kotoran-kotoran yang menempel di dinding luar pot agar tanaman dalam pot terlihat lebih cantik.

2. Penempatan Pot

Selain memilih pot yang tepat, penempatan posisi pot juga sangat berpengaruh terhadap kelangsungan jenis tanaman hias. Ada beberapa jenis tanaman hias yang memang dapat hidup dengan baik apabila mencapat cahaya matahari secara cukup. Jadi apabila tanaman hias adalah tanaman yang termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan banyak cahaya matahari, taruh ke tempat yang memperoleh sinar matahari secara cukup.

3. Penyiraman atau Pengairan

Ada beberapa teknik dalam menyiram tanaman hias dalam pot. Yang pertanam adalah dengan melakukan penyiraman langsung di atas tanah tanaman tempat tanaman tersebut di tanam. Dan cara yang kedua adalah dengan memberikan air pada alas pot. Air akan diserap dengan sistem kapiler. Setiap jenis tanaman memiliki jenis penyiraman masing-masing. Penyiraman yang baik dilakukan pada pagi hari antara pukul 7 hingga pukul 10, atau pada saat sore hari.

4. Pemupukan

Tanaman hias juga memerlukan pupuk untuk menutrisinya sehingga dapat tumbuh dengan subur. Untuk tanaman hias bungan usahakn satu bulan sekali diberi pupuk NPK.

5. Membersihkan Daun

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman hias adalah dengan membersihkan daun atau tangkai yang gugur setiap 2 minggu sekali. Hal tersebut selain dapat membantu meningkatkan kesuburan tanaman juga dapat memberindah tanaman.

Kata Kunci :

  • DuNlA HoBl ramuan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *