BENTOR DI PASAR TUMPANG TETAP BEROPRASI

bentor

TUMPANG- Larangan bentor (becak motor) untuk beroperasi di jalan utama, tidak menyulutkan pemilik kendaraan roda tiga itu untuk berhenti total. Di wilayah Tumpang misalkan, sejumlah pemilik jasa angkutan itu tetap menjalankan aktifitasnya menarik penumpang. Bahkan, di sepanjang Jalan Raya Tumpang atau sekitar Pasar Tumpang, dapat dijumpai sedikitnya dua titik pengkalan kendaraan yang selama beberapa bulan terakhir itu dirazia oleh Satlantas Polres Malang.

“Kami tahu mengenai larangan itu. Termasuk, sampai razia-razia yang dilakukan petugas mengenai larangan bentor beroperasi. Namun, agar dipahami juga bahwa apa yang kami lakukan ini untuk mencari nafkah. Sehingga, kalau pun dilarang, mengapa tidak dari dahulu,” kata seorang pemilik bentor, Mustofa. Ditambahkannya, tiga tahun lalu, bentor yang kini dicontohnya untuk menarik penumpang, adalah kendaraan jasa angkutan bantuan dari Gubernur Jatim, Soekarwo.

Bantuan yang diberikan kepada warga Tumpang itu, selanjutnya dicontoh. Alasannya, memang bisa menghemat tenaga dan sesuai dengan kondisi jalan di Tumpang. Makanya, beransur-ansur pemilik becak atau pun sepeda motor, mulai memodifikasi. “Untuk bisa merubah motor menjadi bentor, seperti saya membutuhkan biaya sampai Rp 2 juta. Dari modifikasi itu, kalau hitung-hitungan modal, masih belum kembali,” ungkap pria asal Desa Jeru, Tumpang itu. Agar mata pencahariannya tetap berjalan, tambah Mustofa, satu-satunya cara dengan tetap menarik penumpang.
Dengan catatan, tetap sembunyi-sembunyi dari razia petugas kepolisian. “Ini kalau misalkan saya kembalikan lagi ke motor, maka perlu biaya. Sementara dibiarkan dalam bentuk bentor,” paparnya seraya mengatakan kalau surat-surat motor yang dijadikan bentor masih lengkap. Sedangkan Suwarno, pemilik bentor yang biasa mangkal di Pasar Tumpang itu, mengharap agar pemerintah daerah bisa menjembatani pengoperasionalan bentor di beberapa kawasan di Kabupaten Malang.

 

 

Kata Kunci :

  • juwal beli bentor di malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *