BEBERAPA TEMPAT PLESIR YANG CUKUP MURAH DI INDONESIA

bromo

Berlibur memang sudah menjadi kebutuhan, khususnya bagi yang sudah berkeluarga. Tetapi terkadang dana yang ada tidak mencukupi untuk pergike tempat yang Anda inginkan. Jangan berkecil hati karena modal yang pas-pasan, karena tidak semua destinasi wisata membutuhkan dana yang cukup besar. Berikut kami tawarkan beberapa destinasi liburan yang bisa Anda kunjungi dengan budget di bawah Rp 3 juta:

1. Pulau Weh, Aceh 

Pulau Weh adalah salah satu pulau bagian Indonesia Barat yaitu Aceh yang keindahannya tidak kalah dengan keindahan pulau dan lautnya dari Indonesia Timur. Pulau Weh merupakan salah satu pulau yang sebenarnya sudah sangat sering dijadikan objek wisata tapi belum banyak yang tahu karena tidak banyaknya rekomendasi mengenai pulau ini. Berlibur ke pulau ini tidak mahal dan bisa mencapai kurang dari Rp 3 juta jika Anda berlibur dengan teman atau sanak keluarga Anda. Karena dengan bersama dengan keluarga, Anda bisa berbagi harga sewa kamar dan keperluan lainnya. Dapat ditargetkan Anda hanya akan mengeluarkan budget sebesar 2,7 Juta Rupiah untuk liburan seminggu penuh di Pulau Weh, Aceh ini. Perinciannya adalah:

Harga tiket pesawat PP (pulang – pergi)

Jakarta – Banda Aceh 1,2 Juta Rupiah (bisa lebih murah tergantung seasonnya)

Untuk detail harga tiket lain untuk dari daerah yang bukan Jakarta dapat dilihat di traveloka.com atau situs pembelian tiket pesawat lainnya.

Untuk penginapan ada beberapa nama penginanpan yang bisa Anda pertimbangkan dengan fasilitas lengkap dan harga yang murah dan nyaman.

Yulia Bungalow

60 Ribu – 200 Ribu/malam

Fatimah Bungalow

120 Ribu – 200 Ribu/malam

O’oong Bungalow

50 – 150 Ribu/malam

Untuk makanan, di kepulauan Weh banyak tempat makan dengan harga yang masih murah dan beragam di perkirankan Anda bisa menghabiskan 300Ribu untuk makanan selama seminggu berlibur.

Dan tranportasi 500 Ribu sudah termasuk kapal ferry untuk pulang-pergi dari Pulau Weh.

Jika dihitung-hitun pengeluaran Anda selama 1 hari dengan pembagian harga kamar minimal 3 orang di tempat penginapan termurah Anda bisa mencapai tidak lebih dari 150 Ribu.

2. Senggigi, Lombok

Sebagai salah satu daerah di Indonesia yang keindahannya sudah mendunia, Lombok telah banyak dijadikan sebagi tujuan wisata tidak hanya turis domestik / lokal tapi juga internasional. Karena pamornya yang sudah sangat mendunia, sekarang untuk bisa berlibur ke Lombok menjadi sangat mahal. Mulai dari penginapan, transportasi khususnya tiket pesawat, dan makanan. Tapi jangan khawatir ada cara lain untuk bisa menikmati liburan Anda di Lombok dengan ala backpacker. Dengan cara backpacker Anda bisa menghemat pengeluaran Anda karena backpacker adalah liburan dengan cara mengeluarkan biaya seminim mungkin jadi keinginan Anda untuk berlibur ke Lombok dengan dana minim bisa dicapai. Caranya:

Pertama Anda tidak perlu menggunakan pesawat untuk mencapai Lombok, cukup dengan kereta api saja dan kapal laut. Bagaimana caranya ?

Jika Anda dari Jakarta, cukup membeli tiket kelas ekonomi menuju Lempuyung, Yogyakarta. Harga tiket ekonomi berkisar antara 30 Ribu – 45 Ribu rupiah tergantung seasonnya. Berikut adalah beberapa pilihan kereta beserta stasiun dan jam keberangkatannya:

Gaya Baru Malam

Harga tiket ekonomi Rp 28.000

Progo

Harga tiket ekonomi Rp 38.000

Bengawan

Harga tiket ekonomi Rp 38.000

Dari Jogjakarta Anda melanjutkan ke Banyuwangi menggunakan kereta ekonomi dengan harga tiket 35 Ribu. Lalu menuju pelabuhan Ketapang yang hanya berjarak sekitar 300 Meter dari stasiun jadi Anda bisa berjalan kaki menuju pelabuhan.

Anda bisa menyebrang untuk mencapai Gilimanuk dengan kapal dari Ketapang dengan tarif Rp 10.000

Untuk penginapan murah ada beberapa referensi

Hotel Lombok : Hotel Asri, berlokasi di pinggir pantai kawasan Senggigi tarifnya :

-standard Rp 100.000/malam

-standard TV Rp 125.000/malam

Hotel Athiti : berlokasi di pinggir pantai Senggigi

-standard Rp 110.000/malam

-VIP (AC +TV) Rp 160.000/malam

Ditambah dengan biaya makan, Anda bisa menghabiskan tidak lebih dari Rp150.000/hari jika Anda memutuskan untuk berlibur selama 6-7 hari biaya yang dihabiskan bisa mencapai tidak lebih dari Rp 2.800.000 sudah termasuk biaya transportasi pulang.

3. Gunung Bromo, Malang

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan wisata utama bagi para traveller maupun para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun luar negeri. Gunung yang berada di wilayah Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo ini juga telah menjadi salah satu icon wisata di Indonesia pada umumnya dan di Jawa Timur pada khususnya.

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata dengan biaya termurah, bahkan jika Anda mengambil layanan liburan Gunung Bromo untuk kelas VIP harganya tidak akan terlalu mahal atau jauh dari angka Rp 3 juta..

Tiket kereta api untuk rute Jakarta – Malang tarifnya mulai dari Rp 115.000 – Rp 535.000 (utiket.com)

Biaya penginapan di sekitar Gunung Bromo:

Cave Lava, Cemoro Lawang

Terletak tepat di depan pintu masuk Gunung Bromo harga kamar mulai dari Rp 160.000/malam + Breakfast

Hotel Bromo View

Hanya berjarak sekitar 1 jam dari Gunung Bromo dan dekat dengan stasiun, harga kamar mulai dari Rp. 85.000 / malam + Breakfast

Hotel Bromo Permai

Terletak dekat dengan pintu masuk wisata Gunung Bromo dengan harga kamar mulai dari Rp. 270.000 / malam + Breakfast

Biaya masuk Gunung Bromo Rp 10.000/orang

Untuk menikmati Gunung Bromo dengan lebih menyenanngkan terdapat penyewaan Jeep dengan harga Rp. 950.000 kapasitas maksimal 4 orang yang bisa mengantarkan Anda ke titik-titik wisata di Gunung Bromo seperti kawah Gunung Bromo dan Pasir berbisik.

Jika Anda ingin sensasi berbeda menikmati keindahan Gunung Bromo terdapat penyewaan kuda dengan harga Rp 50.000/kuda.

Biaya makanan di Gunung Bromo tidak terlalu mahal sekitar Rp 5000 – Rp 50.000 tergantung dari pemilihan tempatnya.

Pengeluaran per hari mungkin bisa mencapai tidak lebih dari Rp. 150.000 tergantung dari pemakaian fasilitas yang ada jika Anda menggunakan Jeep atau kuda mungkin bisa lebih dari itu.

Jika Anda memutuskan liburan di Gunung Bromo 3-7 hari dengan pemilihan penginapan, makanan dan transportasi yang tepat Anda bisa berlibur di Gunung Bromo dengan budget dibawah Rp 3 juta.

 

 

 

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *