BEBERAPA CARA ALAMI UNTUK MENGATASI SAKIT GIGI

sakit gigi

Masalah sakit gigi yang menimpa seseorang biasanya dikarenakan gigi berlubang. Meskipun demikian, kerusakan gigi tentu saja bisa dicegah dengan melakukan kebiasaan sehat untuk merawat gigi, yaitu menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Mengurangi makanan yang dapat menimbulkan kerusakan gigi, dan menggunakan produk yang bisa mencegah dari kerusakan gigi.

Dibawah ini merupakan cara ampuh mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Baik anak-anak ataupun dewasa dapat mencoba menggunakan bahan-bahan alami tradisional dibawah ini untuk menyembuhkan sakit gigi. Penggunaan bahan alami dibawah ini bisa saja mengobati dengan cepat atau bahkan agak lambat. Bahan-bahan alami dibawah ini murah dan sangat mudah didapatkan disekitar lingkungan Anda. Simak cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami tradisional !

1. Bawang Putih
Bawang putih merupakan salahsatu bahan alami yang mudah didapatkan dan salahsatu khasiatnya yaitu dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang. Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati beberapa penyakit . Jika digunakan untuk mengobati sakit gigi, caranya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan satu siung bawang putih kemudian campurkan sedikit garam pada bawang putih yang telah dihaluskan terbut. Lalu campuran antara bawang putih dan garam ini dikunyah tepat pada bagian gigi berlubang hingga sakit gigi menghilang. Setelah melakukan cara ini, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dan garam untuk berkumur. Penggunaan bawang putih sebagai obat ini karena bawang putih memiliki sifat anti-bakteri dan dapat membunuh kuman yang ada pada gigi, selain itu bawang putih sangat mudah didapatkan.

2. Jeruk Nipis
Air perasan jeruk nipis menjadi bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Selain kandungan vitamin C yang ada didalam jeruk nipis, bahan alami ini juga dappat meredakan rasa nyeri pada sakit gigi. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah yakni dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, kemudian air perasan digunakan secukupnya. Lalu air perasan tersebut dilumurkan pada gigi yang berlubang secukupnya setiap 10-15 menit sekali. Anda bisa melakukan cara ini hingga rasa nyeri yang disebabkan sakit gigi menghilang.

3. Cengkeh
Kandungan anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-oksidan dan anestesi yang terdapat pada cengkeh dapat membantu mengurangi sakit gigi. Caranya sangat mudah yakni dengan meneteskan sedikit minyak cengkeh menggunakan kapas kemudian ditempelkan pada bagian gigi yang terasa sakit. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gelas yang diisi minyak cengkeh dan menggunakannya untuk berkumur.

4. Bawang Merah
Bahan alami untuk mengobati sakit gigi selanjutnya yaitu bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan anti-mikroba dan anti-septik sehingga bisa berfungsi untuk mengontrol sakit gigi. Gunakan satu siung bawang merah yang masih mentah lalu kunyah dalam beberapa saat untuk meredakan sakit gigi. Namun, apabila tidak bisa mengunyahnya Anda bisa menggunakan sepotong bawang merah mentah yang kemudian dioleskan pada bagian gigi yang sakit. Dengan menggunakan bawang merah dapat mematikan kuman yang dapat menyebabkan infkesi didalam mulut.

5. Merica
Merica bisa digunakan ketika gigi menjadi lebih sensitif. Anda bisa menggunakan merica dan garam dengan jumlah yang sama kemudian Anda campurkan dengan beberapa tetes air sehingga menjadi bentuk pasta. Kemudian Anda bisa menggunakan pasta ini sebagai obat pereda gigi yang sakit dengan cara mengoleskan pada bagian gigi yang sakit dan didamkan selama beberapa menit. Penggunaan cara seperti ini bisa Anda gunakan secara rutin dalam beberapa hari untuk mengatasi sakit gigi berlubang.

6. Air Garam Hangat
Anda bisa membantu mengobati sakit gigi dengan menggunakan segelas air hangat dengan campuran garam. Caranya juga sangat mudah, yakni dengan mencampur setengah sendok garam kedalam segelas air hangat kemudian gunakan air campuran ini untuk berkumur secara menyeluruh. Selain itu, cara ini bisa membantu untuk mengurangi terjadinya pembengkakan dan peradangan dan sekaligus melawan bakteri yang bisa menjadi penyebab infeksi.

7. Daun Jamu Biji
Daun jambu biji juga bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit gigi, karena mememiliki kandungan anti-inflamasi, analgesik, dan juga sifat anti-mikroba. Cara penggunaanya yaitu dengan mengunyah satu atau dua lembah daun dan tunggu hingga khasiatnya bekerja. Selain itu, Anda bisa mengolahnya dengan cara merebus 4 hingga 5 daun jambu biji, kemudian Anda bisa menambahkan garam, apabila sudah tidak panas air hasil resbusan tadi bisa digunakan untuk berkumur.

8. Jus Wheatgrass
Wheatgrass mempunyai sifat alami anti-bakteri dan bisa membantu dalam melawan kerusakan gigi yang terjadi selain itu membantu mengobati sakit gigi. Hasil ekstrak dari jus wheatgrass dapat digunakan sebagai obat kumur. Selain itu, jus ini bisa menyerap racun pada bagian gusi, dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan juga mengontrol infeksi. Anda bisa mengunyah wheatgrass jika ingin mencobanya.

Semoga bahan-bahan diatas dapat membantu anda dalam hal mengatasi  sakit gigi  yang memuat kita sering uring-uringan  jika kita terkena penyakit ini.

 

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *