BAZAR IKAN DI MALANG SELATAN

nelayan

– Bazar ikan di Dinas Kelautan dan Perikanan , Jumat kemarin (5/9) ludes diserbu pembeli. Bazar yang diikuti oleh 21 pedagang ikan dan olahan ikan ini, mulai pagi hingga siang menarik perhatian masyarakat. Wahyu Hidayat, kepala dinas kelautan dan perikanan mengatakan, bazar diadakan untuk menyambut hari jadi serta mengenalkan hasil laut . ”Yang ada di sini semua hasil dari laut selatan . Untuk ikan segar, kami ambil dari dan Tamban,” kata dia.

Tidak hanya ikan segar yang ada di bazar tersebut, tetapi juga hasil olahan ikan air laut dan tawar yang ada di Kabupaten Malang. Pedagang yang ikut di bazar ini, menurut dia, juga bagian dari kelompok binaan dari dinas kelautan dan perikanaan. ”Bazar yang kita lakukan turut mengundang semua dinas yang berada di SKPD Kepanjen. Memang targetnya adalah PNS, tetapi juga kita buka untuk msayarakat umum,” kata Wahyu.

Menurutnya, ini bisa disebut sebagai pemasaran produk ikan serta wisata yang ada di melalui . ”Karena tidak semua orang bisa berkunjung ke pantai selatan Malang. Jadi, dengan adanya bazar ini, setelah mereka mencicipi kulinernya, barangkali akan memunculkan minat pengunjung untuk datang langsung ke pantai ,” kata Wahyu.

Selain itu, olahan ikan yang ada di bazar ini tidak seperti yang dijual di pasaran pada umumnya. Olahan yang disajikan mulai dari sate hiu, sate tuna, keripik ikan, krengsengan gurita, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya bazar ini, produksi ikan laut dan tawar yang ada di Kabupaten Malang akan meningkat. Para pedagang yang diundang merasa senang, karena antusias pembeli sangat baik. Mereka berharap, bazar ini bisa diadakan tiap minggu. Tetapi karena hal itu tidak mungkin, jadi kami akan mengagendakan kemungkinan untuk tiga bulan sekali. Selama ini, kerja sama dengan pedagang yang kita undang adalah bentuk fasilitas tempat dan kami beri , supaya untuk menjual masakan, mereka lebih murah dari pada biasanya.

Selain itu, diadakannya acara ini untuk semangat mereka yang bermatapencaharian sebagai nelayan untuk lebih semangat dalam melaut. Mengingat potensi laut Kabupaten Malang di bidang perikanan sekarang adalah 403.000 ton, tetapi di tahun 2013 lalu baru termanfaatkan 10.350 ton per tahun atau kurang lebih 4,2 persen yang sudah dimanfaatkan.

Sementara itu, PAD dari kelautan pada tahun 2013 mencapai Rp 2,1 miliar, padahal targetnya adalah Rp 1,7 miliar. Untuk tahun 2014 ini, kami targetkan Rp 2 miliar. ”Salah satunya dengan adanya bazar ini, kami harap, pendapatan juga akan terus meningkat,” jelasnya.

Karnidi, salah satu pedagang yang ikut dalam bazar mengatakan, pembeli sangat antusias. Hingga jam setengah sebelas, barang dagangannya sudah terjual 90 persen. ”Untuk acara selanjutnya, kami akan mendukung dan berharap supaya acara ini bisa berkelanjutan. Selain itu, supaya hasil tangkapan bisa terserap lebih baik lagi,” kata Karnidi.

 

Kata Kunci :

  • gurita laut dari kab malang
  • penerima ikan laut segar malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *