Bawang Putih Ternyata Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Bayi

Bawang Putih Ternyata Sangat Bermanfaat untuk Kesehatan Bayi

Bawang putih bukan hanya baik untuk sistem kekebalan tubuh dewasa. Pada bayi, bawang putih dapat mencegah berbagai macam infeksi serta meringankan gangguan pernapasan.

Bawang putih merupakan sumber vitamin B dan B6 yang dikemas dengan mangan, selenium, kalium dan zat besi sehingga dapat meningkatkan kesehatan bayi. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan, ibu menyusui yang mengonsumsi bawang putih dapat memberikan nutrisi pada bayinya.

Berikut ini ada beberapa manfaat bawang putih untuk bayi, seperti dikutip Boldsky, Senin (22/2/2016):

1. Meringankan gangguan pernapasan

Karena sistem kekebalan tubuh bayi belum sepenuhnya berkembang, bayi sangat rentan terhadap dingin, demam dan flu. Sup bawang putih membantu mengurangi masalah ini sekaligus membantu mengeluarkan racun dari tubuh bayi.

2. Sakit Perut

Bawang putih efektif mengatasi sakit perut. Coba campurkan bawang putih dan madu untuk menyembuhkan gangguan lambung pada bayi.

3. Mencegah Infeksi

Bawang putih dapat mengatur pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Fitokimia dalam bawang putih efektif membunuh bakteri hadir dalam usus besar dan usus kecil.

4. Bunuh cacing usus

Bawang putih memiliki kemampuan untuk membunuh cacing usus seperti cacing pita yang menetap di usus bayi dan memakan nutrisi dari ASI.

5. Obat luka

Bawang putih juga membantu menyembuhkan luka dengan cepat karena sifat antimikrobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *