APEL MANALAGI MENGALAMI KENAIKAN DI KOTA MALANG

kota pasar

MALANG KOTA– Petani apel di Kota Batu turut menikmati berkah Ramadan. Sebab sejak awal Ramadan lalu, harga buah khas Batu itu naik  sampai 20 persen.

Sutrani, salah satu petani sekaligus distributor apel di Desa Punten, Kecamatan Bumiaji, mengatakan, kenaikan harga apel tersebut seiring dengan musim panen yang saat ini berlangsung. ”Kalau lagi musim berbuah banyak, harga pasaran apel naik,”ujarnya.

Menurutnya, apel yang paling dicari adalah apel manalagi dan apel ana. Harga apel manalagi bulan lalu berada di angka Rp 5 ribu, sekarang menjadi Rp 7 ribu. Sedang apel ana semula Rp 6 ribu menjadi Rp 8 ribu.

Selain memasarkan buahnya di Batu dan Malang Raya, dia juga merambah pasar luar kota, seperti Jakarta, Semarang dan Bali.

Sayangnya, naiknya harga buah apel itu berbanding terbalik dengan pedagang apel di Pasar Besar Batu. Sebab beberapa pedagang mengeluhkan atap bangunan pasar yang bocor. Bahkan kondisi tersebut sudah berlangsung bertahun-tahun.

Seperti yang diungkapkan Sulianah, 55, salah satu pedagang buah di Pasar Besar Batu. Sudah 20 tahun lebih dia bersama sang suami berdagang apel di pasar tersebut. ”Biasanya pedagang luar kota datang ke pasar buah untuk membeli apel dalam skala besar. Tapi karena kondisi pasar tidak representatif dan bocor, kami hanya memajang beberapa kg saja,”bebernya.

Sedangkan stok apel dalam jumlah besar disiapkan di rumah. ”Kalau semuanya di tempatkan di sini bisa rusak. Karena atapnya bocor,”sambung dia.

Persoalan itu, menurutnya, sempat disampaikan kepada Asisten 1 Sekkota Batu Siswanto. Salah satunya meminta agar pembangunan pasar bisa dilakukan secepatnya. Hanya saja dia dan pedagang lainnya meminta agar harga bedak tidak terlalu mahal. Sebab harga kios utuk berjualan yang ditawarkan kepada pedagang cukup tinggi. Setiap satu meternya dipatok Rp 10 juta. ”Kalau satu meternya Rp 3 juta kami masih mampu. jangan seperti kemarin harganya Rp 10 juta per meter,”terang Sulianah.

Sementara itu, Asisten I Pemkot Batu Siswanto menjelaskan, pihaknya tetap menampung aspirasi para pedagang. Masukan tersebut akan menjadi pertimbangan pemerintah melanjutkan penataan pasar. ”Nanti akan kami laporkan kepada pimpinan. Karena ini juga menyangkut hajat hidup orang banyak,”kata Siswanto.

Kata Kunci :

  • apel manalagi malang
  • alamat distributor apel malang
  • jual apel manalagi malang
Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *