Aplikasi Pasienia ~ Media Sosialnya Para Pasien Se-Indonesia

Aplikasi Pasienia ~ Media Sosialnya Para Pasien Se-Indonesia

Kesehatan adalah salah satu harta yang paling mahal di dunia. Hal ini tentu diamini oleh semua orang, mengingat dengan adanya kesehatanlah kita bisa menjalankan kegiatan sehari-hari dengan lebih baik. Hal ini pula yang membuat banyak dari mereka yang sudah terlanjur mengidap sebuah penyakit, menyadari betapa pentingnya upaya pencegahan agar tidak terjangkit sebuah penyakit.

Hal lain yang juga tak kalah penting untuk diberikan pada mereka yang sedang menghadapi menghadapi penyakit adalah bentuk dukungan dan motivasi. Dengan menyediakan waktu untuk berbagi entah terkait perkembangan kondisi ataupun hanya tukar motivasi, bisa menjadi salah satu pendukung seseorang untuk sembuh lebih cepat.

Berawal dari pemikiran ini beberapa mahasiswa dari Universitas Gajah Mada Yogjakarta berfikir untuk menciptakan sebuah #aplikasi unik yang dapat membantu para pasien penyakit tertentu, bisa saling mendukung satu sama lain. Aplikasi yang diberi nama Pasienia ini secara umum dapat digunakan layaknya media sosial bagi para pasien di seluruh Indonesia.

Uniknya, selain bisa berbagi tentang kondisi penyakit yang sedang dialami, para pasien yang menggunakan aplikasi Pasienia juga bisa saling curhat untuk menguatkan sesama penderita. Selengkapnya tentang aplikasi inovatif yang satu ini, telah kami rangkum pada artikel berikut.

Menghubungkan Para Pasien Di Seluruh Indonesia

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu hal yang mampu mendorong kesembuhan penderita penyakit tertentu adalah adanya dukungan dari orang lain. Dan terkadang, orang yang benar-benar mengerti kondisi seseorang dengan penyakit tertentu adalah mereka yang juga sedang mengalami penyakit yang sama.

Berawal dari situ beberapa mahasiswa UGM menciptakan aplikasi Pasienia untuk membantu para penderita penyakit dalam meningkatkan motivasi dan penyembuhan diri. Saat ini aplikasi yang tersedia pada platform sistem operasi Android ini, bisa digunakan dengan gratis oleh semua pengguna di Indonesia. Meskipun masih berada pada tahap beta dan diluncurkan awal tahun lalu, aplikasi Pasienia bisa dibilang sudah cukup mampu memberikan layanan mumpuni dalam balutan konsep #media sosial yang inovatif.

Fitur Aplikasi Pasienia

Aplikasi Pasienia secara umum menawarkan 2 fitur utama yakni Timeline Pasien dan Timeline Dokter. Pada Timeline Pasien, nantinya pengguna yang merupakan pasien untuk jenis penyakit tertentu dapat berbagi beragam konten mulai dari curhatan, pengalaman serta juga perkembangan #kesehatan yang mereka alami. Dari situ, pengguna lain yang juga masuk pada kategori penyakit sejenis bisa melihat setiap konten yang diunggah dan menanggapinya layaknya percakapan media sosial online.

Sedangkan untuk fitur Timeline Dokter, serupa dengan milik pasien, di sana para dokter juga bisa berbagi informasi terkait penyakit tertentu secara spesifik. Konten yang bisa mereka bagikan antara lain seperti tips, infografis serta data-data penanganan penyakit tertentu.

Terkait dengan kategori penyakit yang bisa dipilih, saat ini aplikasi Pasienia menyediakan 9 kategori seperti di antaranya kehamilan, diabetes, jantung serta beberapa penyakit umum lainnya. Adanya pengkategorian penyakit tersebut diharapkan bisa lebih membuat perbincangan yang terjadi sesuai dan benar-benar dibutuhkan oleh pengguna dengan penyakit tertentu.

Mengenai fitur lain, para pengguna aplikasi Pasienia bisa juga mengirimkan komentar, memberikan dukungan lewat tombol support serta memberikan feedback yang nantinya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengembangkan aplikasi ini lebih baik.

 

Harapan Pengembang Aplikasi Pasienia Ke Depan

Menurut CEO Pasienia, Fadli Wilihandarwo hingga saat ini sudah ada sekitar 1500 interaksi percakapan yang terjadi lewat aplikasi pasien per hari. Meningkatnya baik dari sisi pengguna maupun keterlibatan percakapan, memberikan semangat tersendiri bagi tim pengembang untuk terus memberikan inovasi dan fitur bermanfaat dari aplikasi Pasienia.

Pun demikian, target dari pihak pengembang masih akan terus ditingkatkan. Seperti contohnya menghadirkan layanan spesial promo bagi para pengguna aplikasi Pasienia. Lewat layanan promo tersebut, pengguna bisa mendapatkan potongan harga untuk membeli obat di beberapa apotik yang telah bekerjasama dengan pihak pengembang aplikasi Pasienia.

Selain itu untuk target market, tim juga terus berupaya untuk memperluas dan menargetkan pasar Asia Tenggara dalam beberapa waktu ke depan. Diharapkan, tentunya aplikasi yang sangat bermanfaat semacam ini bisa terus dipertahankan dan dikenal semakin banyak pasien di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *