Air Terjun Madakaripuraa

Air Terjun Madakaripura

Masih berada di kawasan yang dekat dengan Gunung Bromo, kita bisa menjumpai air terjun yang begitu spektakuler dan indah. Air terjun ini biasa disebut Madakaripura. Di tempat ini dianggap sebagai tempat meditasi terakhir dari patih dari Majapahit yang ternama yaitu Patih Gajah Mada. Ayo kita berkunjung ke Air Terjun Madakaripura.

Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru

Air Terjun Madakaripura masih berada di kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Di kawasan ini, Anda bisa menikmati keindahanGunung Bromo yang sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. Ya, seluruh kawasan ini memang menyajikan alam yang begitu unik, dari lautan pasir yang memukau di Gunung Bromo, kemegahan Gunung Semeru hingga alam sekitarnya yang begitu indah. Termasuk di sisi lain kawasan ini, Anda juga bisa menikmati betapa indah dan spektakulernya Air Terjun Madakaripura. Air terjun ini terletak kira-kira 1 jam perjalanan ke sebelah utara Bromo.

Lokasi Air Terjun Madakaripura menuju arah Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Propinsi Jawa Timur. Kota besar terdekat dengan kawasan ini adalah Surabaya dan Malang. Perjalanan dari Surabaya sekitar 3 jam menuju kawasan Bromo lalu dilanjutkan ke Air Terjun Madakaripura.

Air Terjun Tertinggi di Jawa

Memang untuk menuju Air Terjun Madakaripura tidak terlalu mudah. Dari pintu masuk, Anda perlu berjalan kaki menyusuri lembah di Pegunungan Tengger. Medan yang dilalui juga jalan berbatu, beberapa di antaranya sudah berupa jalan yang rapi namun sering rusak ketika terjadi banjir bandang, termasuk menyeberangi beberapa sungai. Namun Anda akan dipuaskan dengan kesejukan udara dan keindahan alam sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura.

Anda juga bisa melihat patung Patih Gajah Mada sebelum melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Madakaripura. Dengan berjalan kaki tidak lebih dari 30 menit, Anda akan kagum menyaksikan langsung keindahan Air Terjun Madakaripura. Di kedalaman lembah yang menyerupai tabung, yang dikelilingi tebing yang sangat tinggi, Anda akan melihat betapa megahnyaAir Terjun Madakaripura. Itu

Air Terjun Madakaripura dengan ketinggian sekitar 200 meter, merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Bahkan di Indonesia, air terjun ini menempati posisi kedua tertinggi di Indonesia setelah Air Terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara.

Itu sebabnya, perjalanan dengan berjalan kaki menuju Madakaripura tidaklah sia-sia. Anda akan menjumpai pemandangan yang membuat takjub dengan pesona kemegahan alam di sekitarnya. Hempasan air yang begitu deras membuat butir-butir air bagai kabut meliputi permukaan danau sedalam 7 meter di bawah air terjun ini.

Di sekitar air terjun terdapat gua yang diyakini sebagai tempat meditasi dari Patih Gajah Mada. Di tempat ini, menurut kisah turun temurun, patih Gajah Mada mendapat kesaktiannya dan di tempat ini pula diyakini patih tersebut menghilang secara mistis. Itu sebabnya lokasi ini disebut Madakaripura, yang berarti “tempat terakhir”. Hal ini juga yang menyebabkan kawasan ini sering dikunjungi oleh penduduk Tengger untuk melakukan ritual tertentu, khususnya pada hari-hari tertentu.

Fasilitas

Di sekitar lokasi Air Terjun Madakaripura sudah terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan karena udara dingin di lokasi ini. Anda bisa menikmati makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung di sekitar Air Terjun Madakaripura.

Selain itu, terdapat juga penyewaan payung dan plastik untuk menyimpan berbagai barang bawaan Anda. Hal ini karena air terjun yang begitu deras di sepanjang tebing menuju Air Terjun Madakaripura sehingga bisa membuat Anda basah. Juga tersedia kamar mandi di lokasi ini.

Ikuti juga petunjuk dari pemandu wisata setempat. Khususnya danau di bawah Air Terjun Madakaripura memiliki arus yang cukup deras. Sungai-sungai di sekitarnya juga bisa meluap dan terjadi banjir bandang khususnya di musim hujan, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati jika mengunjungi air terjun ini di musim hujan.

Meski demikian, pemerintah daerah setempat dapat lebih memperhatikan semua fasilitas dan layanan yang tersedia di kawasan wisata ini. Karena masih banyaknya fasilitas yang kurang memadai maupun layanan yang kurang baik dari para pemandu atau penjaga parkir kendaraan.

Air Terjun Madakaripura merupakan salah satu kawasan wisata yang bisa Anda kunjungi setelah berkunjung ke Gunung Bromo. Dengan kemegahannya, air terjun ini dengan abadi akan mencurahkan airnya setiap saat di dalam “tabung raksasa” yang berada di kedalaman lembah Pegunungan Tengger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *