ADA KENAIKAN 10% DARI DAFTAR PEMILIH SEMENTARA DI KPU KABUPATEN MALANG

kpu

 KEPANJEN Jumlah DPS (Daftar Pemilih Sementara) pemilihan kepala daerah Pilkada Kabupaten Malang  hasil dari coklit (pencocokan dan penelitian) naik sekitar 10 persen. Dari rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih sementara (DPS) yang dihadiri 33 PPK se Kabupaten Malang  hasilnya, jumlah DPS sebanyak 2.075.729 orang. Rinciannya pemilih laki-laki sebanyak 1.031.403 orang dan pemilih perempuan 1.044.326 orang. “Ada kenaikkan sekitar 10 persen,” ujar Sofie Rahma Dewi, komisioner KPU Kabupaten Malang dalam rapat pleno itu, Rabu (2/9/2015) di aula Socrates Dinkes Kabupaten Malang.

Sebelumnya, jumlah DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu) dari kemendagri yang diserahkan ke KPU  hanya 1,9 juta orang. Namun setelah dimutakhirkan lewat coklit pada Agustus 2015 akhirnya menjadi 2.075.729 orang. Dengan bertambahnya pemilih, maka jumlah TPS pun bertambah. Jika dengan data DP4 diasumsikan ada 3606 TPS, maka berubah menjadi 3.672 TPS

Atau ada kenaikkan 66 TPS. Menurut ,Sofie, penambahan TPS itu karena ada pertambahan penduduk serta antisipasi kondisi geografis. Harusnya, satu TPS untuk 800 orang.  Namun karena kondisi geografis dan memudahkan warga, maka didirikan TPS tambahan agar mereka tetap memilih. Sehingga nanti ada TPS yang jumlah pemilihnya dibawah 800 orang. Menurut Sofie, data DPS masih bisa berkembang karena menunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat sebelum ditetapkan jadi DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada 1-2 Oktober 2015 nanti. Santoko, ketua KPU Kabupaten Malang  meminta kepada LO (laison officer) pasangan calon dan tim pemenangan untuk sama-sama mengawasi proses pemutakhiran data nanti. “Marilah sama-sama mengawasi proses pemutahiran data ini. Agar pada 9 Desember 2015 nanti, mereka (warga) dalam memilih dengan baik,” ungkap Santoko.

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *