9 Metrics Terpenting Untuk Ranking di Google

rank-1

Ada ratusan faktor yang mempengaruhi ranking di Google, sekarang saya akan membahas 10 metrics terpenting untuk membuat halaman Anda ranking di top 10 Google.

User signal

Banyak para SEO menganggap backlink adalah hal terpenting, study terbaru mengungkapkan bahwa user signal adalah metrics utama  untuk ranking. Dengan semakin berkembangnya SEO, Google terus mengurangi pengaruh backlink terhadap SERPs dan meningkatkan user signal.

Click trough rate

CTRBesar atau kecilnya CTR atau click trough rate  menjadi salah satu indikator posisi keyword Anda di SERPs. Untuk meningkatkan CTR Anda harus memaksimalkan rich snippets dan optimasi title & description yang sesuai dengan kebutuhan user.

Relevansi konten

relevansi contentPastikan konten Anda sesuai atau berhubungan dengan title dan description, jika Google menganggap content Anda jelek atau tidak relevan maka posisi SERPs Anda bisa diturunkan. Lalu bagaimana Google bisa tahu? Google melihat engagement metrics user Anda (page view, time on site, bounce rate, dll).

Pastikan konten yang Anda buat sesuai dengan Google guidelines, jika Anda melanggar guidelines maka suatu saat website Anda akan dipinalti oleh Google.

Social media

social-media-engagementKonten yang bagus pasti akan di-share banyak orang atau website tersebut mempunyai banyak social share. Dengan menggunakan social media kita dapat meningkatkan visibility konten dan Google sangat menyukai itu. Social media adalah salah satu faktor terpenting di user engagement.

Halaman authority

Google menginginkan website atau konten yang mempunyai authority terbaik ranking di halaman 1 agar pengguna mesin pencari Google mendapatkan pengalaman terbaik. Bagaimana caranya? Salah satu cara Google melihat halaman itu bagus atau tidak adalah dengan menghitung jumlah “vote” atau link yang mengarah ke konten tersebut.

Backlink

BacklinkBacklink adalah rekomendasi berbentuk link yang diberikan ke suatu target page oleh webmaster lain karena dianggap bermanfaat atau bagus. Backlink yang bagus adalah backlink yang relevan, high authority dan natural.

Internal link

internal-linkInternal link adalah rekomendasi berbentuk link yang diberikan dari suatu halaman ke halaman lain di domain yang sama. Internal link memberitahukan bahwa halaman ini penting karena terlihat jelas untuk pengunjung. Posisi internal link ikut berperan dalam hal ini, footer biasa mendapat score paling rendah dan body mendapat score paling tinggi. Dengan membuat struktur internal page yang baik akan sangat mempermudah kerja SEO.

Kualitas on-page

On-page salah satu faktor yang berperan besar untuk keberhasilan SEO. Berikut ini beberapa bagian penting dari On page.

Keyword

keywordsMeta title dan meta description adalah dasar dari SEO, tanpa memakai keyword title dan description yang diinginkan, kita sudah membuang peluang untuk ranking di Google. Keyword di dalam konten tidak harus sama namun relevan. Jika content Anda mempunyai topik membahas iphone, pembahasannya harus sesuai dengan topik dan tema yang Anda pilih.

Panjang konten

low-quality-google-rankingGoogle melihat panjang konten sebagai salah satu patokan kualitas, konten yang terlalu sedikit tidak banyak memberikan value ke pembaca. Rata-rata minimum text konten harus mempunyai panjang 500 kata.

Kecepatan website

pagespeedKecepatan website menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas website Anda, website yang lambat cendrung sulit bersaing di top keyword. Anda dapat menggunakan Google Pagespeed Insightuntuk memeriksa kecepatan dan kualitas on-site.

Kesimpulan

Hasil SERPs yang bagus adalah hasil dari atribusi berbagai metrics yang berperan, tidak hanya 1 metrics. Dengan mengikuti Google guideliness kita dapat membuat website yang sustainable dan profitable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *