8 Kuliner Menggoyang Lidah Khas Cirebon

Berkunjung ke Cirebon, pastinya sudah merencanakan untuk berkunjung ke tempat wisata dan membeli batik. Padahal selain dua hal tersebut, ada lagi kegiatan yang sayang banget dilewatkan saat di Cirebon. Jangan lewatkan kesempatan untuk wisata kuliner mencicip aneka makanannya yang menggugah selera. Selain rasanya yang enak, harganya pun merakyat—dijamin nggak bakal bikin kantong bolong, deh. Nggak perlu menunggu lama, simak berikut ini!

1. Nasi Jamblang

Biasa disebut Sega Jamblang, sebetulnya nama menu ini terinspirasi dari daerah di sebelah barat kota Cirebon bernama Jamblang, tempat asal nasi ini berasal. Disajikan memakai daun jati sebagai bungkus nasi, isiannya pun sangat bermacam-macam. Mulai dari sayur tahu, paru, semur, perkedel, sate kentang, telor dadar, ikan asin, tempe, dan tentu saja sambal goreng. Kenapa bungkusannya tidak memakai daun pisang? Tujuannya agar nasi Jamblang lebih tahan lama dan tetap terasa pulen, karena daun jati memiliki pori-pori di permukaannya.

nasi jamblang cirebon

2. Empal Gentong

Menu favorit yang sering muncul di resepsi pernikahan ini berupa hidangan berbahan dasar daging sapi, dimasak memakai peralatan gentong dan kayu dari pohon asam selama sekitar 5 jam. Memang, sih, terdengar merepotkan. Tapi hasilnya empal gentong jadi lebih legit dengan kuah yang harum. Kuahnya mirip soto, terasa gurih, dan biasa disajikan dengan lontong. Tinggal tambahkan taburan daun kucai, sambal kering dan kerupuk rambak sebagai pelengkapnya. Nyam!

empal gentong

3. Nasi Lengko

Tidak sulit menemukan hidangan yang satu ini, saking populernya jadi mudah ditemukan di berbagai sudut kota Cirebon. Isiannya pun sangat sederhana, nasi putih dengan tahu tempe goreng, sayuran seperti timun dan taoge, lalu taburan daun kucai atau seledri, bawang goreng. Makin nikmat disantap dengan sambal kacang dan sedikit kecap, serta kerupuk atau emping.

nasi lengko

4. Tahu Gejrot
Buat yang sering jajan, apalagi penggemar makanan pedas, pasti nggak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Tahu goreng yang dipotong kecil-kecil, disiram kuah gurih. Yang bikin khas, kuahnya dibuat dari gula merah, cabe dan bawang, diulek di piring dari tanah liat. Walau penyajiannya sederhana, rasanya dijamin bikin ketagihan, deh.

tahu gejrot

5. Mie Koclok
Memakai mie kuning khas Cirebon, menu ini disajikan memakai taoge, kol, suwiran daging ayam, telur rebus lalu disiram kuah santan yang gurih. Biar lebih nikmat, disarankan menyantap makanan ini selagi hangat.

mie koclok

6. Sate Kalong

Walau namanya rada ekstrem, tapi tenang saja karena sate ini nggak memakai kelelawar sebagai bahan utamanya, kok. Memakai bahan dasar daging kerbau, sate ini dinamakan kalong karena baru dijual sejak maghrib hingga tengah malam. Soal rasa jangan ditanya. Perpaduan rasa gurih dan manis, pastinya bakal bikin ketagihan. Apalagi jika disantap memakai lontong, dan potongan bawang merah.

sate kalong

7. Kerupuk Melarat
Sesuai dengan namanya, kerupuk ini dikemas sederhana memakai kantung plastik dan diikat tali rafia. Yang bikin unik, kerupuk ini digoreng tanpa minyak, lho. Cara pengolahannya justru memakai pasir dengan cara disangrai. Jangan membayangkan memakan kerupuk dengan butiran pasir yang terselip, hasilnya justru sangat bersih, kok. Mau disantap bersama masakan, atau dibuat camilan dengan cara dicocol sambal.

krupuk melarat

8. Pedesan Entog
Buat penggemar menu dengan rasa pedas, pedesan entog ini bisa jadi pilihan tepat. Memakai bahan dasar daging entog (sejenis unggas) yang dimasak dengan aneka rempah seperti cabai, lada, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, serai, daun salam dan kayu manis. Selain dari entog, ada juga yang memakai daging ayam, nih. Tapi biasanya daging entok lebih disukai karena lebih mudah menyerap bumbu dan nggak mudah hancur. Tinggal disantap dengan nasi hangat, nyamm…

pedesan entog

Setelah membaca artikel di atas, jadi makin penasaran, kan, menjajal menu-menu menggiurkan dari Cirebon? Yuk, buruan rencanakan trip wisata kuliner ke Cirebon bersama pegipegi, karena cuma di sini yang bisa memberikan harga termurah saat booking hotel se-Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *