6 Pantai Menawan di Blitar yang Wajib Dikunjungi

7 Pantai Menawan di Blitar yang Wajib Dikunjungi

Apa yang akan anda lakukan ketika ke Blitar? Jawabannya jika tidak ke Makam Bung Karno, ke Candi Penataran, atau mendaki hingga ke Puncak Gunung Kelud. Sebenarnya Blitar tak hanya menyimpan wisata budaya yang sangat penting, namun juga menyimpan eksotisme wisata pantai yang sangat beragam dan indah!

Jika suatu saat anda datang ke Blitar, jangan lupa jelajahi satu dari enam pantai yang akan anda baca detailnya di bawah. Dijamin anda akan puas! Karena sebagian besar pantai masih sangat sepi dan perawan. Belum banyak pedagang atau sampah-sampah yang berserakan! Langsung saja, inilah tujuh pantai eksotis yang masih perawan di Blitar, Jawa Timur!

1. Pantai Tambakrejo

 

Pantai Tambakrejo terletak di Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Diperlukan waktu sekitar satu jam jika berangkat dari pusat Blitar ke arah selatan. Sepanjang perjalanan, anda akan dihibur bukit-bukit hijau nan indah hingga sampai ke tujuan utama.

 

Pantai Tambakrejo [image source]

Pantai Tambakrejo [image source]

 

Pantai Tambakrejo memiliki tiga bagian besar. Pertama pantai sebelah timur digunakan untuk bersantai karena lebih banyak pasir. Bagian tengah memiliki banyak sekali batu untuk memecah ombak. Terakhir di bagian barat digunakan untuk dermaga kapal nelayan.

 

Pantai ini langsung menghadap Samudra Hindia, artinya ombak yang datang ke daratan sangat besar. Meski demikian, beberapa orang masih berani bermain air atau berenang agak ke tengah. Mengenai fasilitas, tempat ini sudah dibangun tempat ibadah, kamar mandi hingga restoran-restoran seafood. Tertarik datang ke sini?

2. Pantai Serang

 

Panti Serang adalah pantai yang terletak di Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar. Letaknya sekitar 45 km dari pusat Kota Blitar ke arah selatan. Pantai Serang termasuk pantai yang sering sekali dikunjungi oleh wisatawan, terutama lokal Blitar. Jika anda ke Blitar, coba juga datang ke tempat ini, terutama saat bulan Sura penanggalan Jawa.

 

Pantai Serang [image source]

Pantai Serang [image source]

 

Ada ritual yang namanya larung saji di tempat ini setahun sekali. Orang-orang setempat akan memotong hewan ternak, lalu kepalanya dilarung ke laut. Hal ini dilakukan agar warga sekitar menerima keselamatan selama setahun ke depan. Dan tidak didatangi oleh wabah penyakit yang menyeramkan.

 

3. Pantai Pasetran Gondo Mayit

 

Nama pantai ini emang serem, ada kata mayit berarti mayat. Namun sebenarnya pantai ini sangat indah! Bahkan sangat perawan dan jarang dikunjungi oleh banyak orang. Lokasi pantai ini sebenarnya berseberangan dengan Pantai Tambakrejo. Kita bisa datang ke sana dengan menyusuri bukit lalu menyeberangi sungai dengan perahu.

 

Pantai Pasetran Gondo Mayit [image source]

Pantai Pasetran Gondo Mayit [image source]

 

Jika anda tidak mau susah, cobalah menggunakan rute lain. Namun disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena akses mobil sangat susah. Pantai Gondo Mayit masih sangat sepi, bahkan hanya ada beberapa orang yang menjual makanan ringan. Pun fasilitasnya masih sangat minim. Meski demikian, tempat ini benar-benar indah dan tepat sebagai pilihan untuk melepas penat!

 

4. Pantai Jolosutra

 

Pantai Jolosutra adalah pantai dengan pasir berwarna hitam yang terletak di Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Pantai ini sejatinya merupakan sebuah teluk kecil yang dikelilingi bukit baju terjal. Anda bisa melihat pemandangan di sekeliling pantai sambil menikmati debur ombak yang mengenai kaki.

 

Pantai Jalasutra [image source]

Pantai Jalasutra [image source]

 

Banyak sekali batu karang berbagai ukuran yang berserakan di pantai ini. Secara alami, batu ini berguna untuk memecah ombak besar yang datang. Setiap akhir pekan, banyak sekali wisatawan lokal yang datang ke tempat ini untuk bermain air atau sekadar mengambil foto. Tertarik untuk datang ke sini?

 

5. Pantai Peh Pulo

 

Pantai Peh Pulo adalah salah satu pantai baru yang mulai ramai di Blitar. Letaknya di Kecamatan Panggung Rejo, Kabupaten Blitar. Sebelum sampai ke tempat tujuan, jalanan terjal dan berbukit akan membuat anda lelah. Bahkan dibutuhkan waktu sekitar75 menit dari pusat Blitar hingga sampai di Pantai Peh Pulo.

 

Pantai Peh Pulo [image source]

Pantai Peh Pulo [image source]

 

Pantai ini terbagi menjadi tiga wilayah pantai kecil yang diberi nama Wedhi Ombo, Wedhi Ciut dan juga Wedhi Kembar. Agak ke tengah pantai, terdapat beberapa batu karang yang membantu memecah ombak yang datang. Jika ke sini bawalah bekal, karena sangat jarang ada orang jualan di tempat ini!

 

6. Pantai Pangi

 

Pnati Pangi adalah pantai yang terletak di Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar. Lokasinya sekitar 10 km dari Pantai Tambakrejo. Sebelum sampai ke tempat tujuan, anda harus menyeberangi sungai yang cukup besar. Itulah mengapa memakai kendaraan roda dua lebih dianjurkan jika ingin datang ke Pantai Pangi ini.

 

Pantai Pangi [image source]

Pantai Pangi [image source]

 

Pantai ini langsung bersambung ke Laut Selatan yang ombaknya sangat besar. Di sekeliling pantai, bukit hijau akan memanjakan mata anda. Pantai ini tak begitu direkomendasikan saat hujan, karena ketinggian air sungai saat menyeberang akan naik.So, sebelum musim hujan datang, coba datang ke pantai ini dan rasakan pengalaman yang menyenangkan!

 

Well, itulah beberapa pantai di Blitar yang wajib anda kunjungi saat akhir pekan. Keindahan dan juga kealamian pantai-pantai ini akan membuat anda jadi sangat takjub.So, siapkan agenda traveling anda mulai sekarang!

Kata Kunci :

  • pantai yang wajib dikunjungi saat di blitar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *