6 Cara Menentukan Produk Yang Tepat Untuk Jualan Online

Research

Banyak informasi yang beredar di internet saat ini, sebagian besarnya tidak membahas tentang cara jualan online. Rata-rata blog internet marketing hanya menjelaskan betapaonline shop saat ini adalah bisnis yang sangat ngetren dan menjanjikan kesuksesan.

Banyak dari tulisan tersebut terjebak dalam terus-terusan fokus memberi tips dan trik jualan online yang sukses, cepat, mudah, dan tanpa modal. Di sisi lain, mereka lupa bahwa ada lagi satu hal penting yang sangat mendasar dalam jualan online; yaitu Produk (barang maupun jasa).

Benar memang membuat toko online itu mudah. Siapa saja bisa membuat toko online, bahkan tanpa modal juga bisa. Yang menjadi masalah dan susah adalah MENJUAL.

Untuk dapat menjual itulah kita membutuhkan produk. Tanpa produk, apa yang akan ditawarkan ke konsumen? Produk jugalah yang menentukan sejauh mana keberhasilan bisnis jualan online kita.

Pada kesempatan kali ini, saya tak hanya ingin membuat kita menyadari bahwa menentukan produk yang tepat itu penting dalam bisnis online. Tetapi, saya pun ingin memberikan 6 cara menentukan produk agar jualan online berhasil!

Tinjau permintaan pasar

Untuk mengetahui produk apa saja yang “menjual”, tentu kita harus meninjau dari permintaan konsumen. Kita harus tahu dulu produk apa saja yang dicari orang. GunakanGoogle Keyword Planner untuk melihat apa saja yang orang cari di internet. Atau, bisa juga melakukan riset kecil dari situs ecommerce besar seperti Alibaba, Amazon, Tokopedia, FJB Kaskus, dan eBay. Dari situs tersebut, kita bisa melihat apa saja yang mereka jual, apa saja yang tidak ada, dan apa saja yang best seller, dan best recommended di sana.

Cari tahu permasalahan konsumen

Setelah mengetahui jenis produk apa saja yang dicari orang, berikutnya kita harus lebih spesifik memahami target konsumen. Cari tahu apakah masalah yang dihadapi orang, lalu dari situ kita jual produk yang menjadi solusinya. Contohnya sebagaimana dilakukan Traveloka. Online travel agent ini menjual jasa booking online akomodasi untuk menjawab permasalahan waktu dan biaya yang kerap dihadapi orang untuk bisa melakukan pemesanan. Keuntungan dari menjual barang yang menjawab permasalahan konsumen adalah pasti banyak dicari karena MEREKA BUTUH.

Kenali passion target konsumen

Kekuatan passion adalah LOYALITAS. Menjual barang yang memiliki konsumen yangpassionate adalah pasti banyak dicari karena mereka setia dan meminatinya. Contohnya: BibilCloth dan New Jejak Shop adalah online shop apparel (utamanya kaos dan jaket) bergambar superhero yang secara spesifik menyasar kalangan pecinta superhero dan komik. Akun FB mereka banyak sekali diserbu orang yang passion di bidang tersebut.

Kenali passion dan experience sendiri

Tak kalah pentingnya adalah passion dan experience kita sendiri. Hal ini penting agar kita sebagai pelaku bisnisnya pun mau menjalankan jualan online dengan senang hati karena kita menyukainya, sudah punya pengalaman dan skill di bidang tersebut, serta semangat untuk mengembangkannya.

Tinjau persaingan

Langkah selanjutnya adalah dengan meninjau persaingan; yaitu mencari tahu kondisi pasar, siapa pemain besarnya, apa saja SWOT mereka dan SWOT kita sendiri, serta apa saja yang bisa kita perbuat untuk menonjol dalam persaingan. Sangat tidak masuk akal kita bisa sukses jualan tanpa tahu pesaing (karena jadi tidak punya standar kualitas). Cara meninjau persaingan bisa melalui search engine, (lihat SEO).

Temukan keunikan/keistimewaan yang menonjol

Banyak pemula memulai dengan menjual produk yang mudah ditemukan dan dibuat. Ingatlah bahwa “yang gampang itu artinya gampang pula dijiplak”. Sebaiknya, pilih produk yang susah dibuat dan memakan waktu, karena akan susah dijiplak. Semakin unik produk yang dijual, semakin kecil pula persaingan dagangnya. Kenyataannya, baranghandmade dan custom sekarang lebih dicari karena unik dan sulit dijiplak. Orang pun bersedia bayar mahal. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan melihat kesuksesan HavnterHome (furnitur kayu), Shoutcap (topi dengan tulisan custom), Tesmak (kacamata kayu), dan Matoa (jam tangan kayu). Untuk mencari tahu keunikan apa saja yang bisa kita tonjolkan dalam produk, telisiklah pula keterampilan yang kita miliki dan sejauh mana batas eksplorasi kita (mau capek dan berusaha sampai seberat apa).

Kesimpulan

Dalam jualan online, yang penting bukan hanya cara jualan dan tempat jualannya. Tidak semua produk bisa menjual. Kalaupun menjual, tidak semua produk bisa laku. Agar Anda bisa menjual produk yang “berhasil” tersebut, maka jangan lupa pertimbangkan konsumen, diri kita sendiri, serta pesaingan kita.

Kata Kunci :

  • foto barang di tokopedia dijiplak orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *