5 Tips Sukses Memanfaatkan Whatsapp Sebagai Media Berjualan

5 Tips Sukses Memanfaatkan Whatsapp Sebagai Media Berjualan

Sebagai salah satu aplikasi mobile yang juga merupakan layanan chatting terpopuler saat ini, tentunya WhatsApp telah mempunyai basis pengguna sangat banyak di seluruh dunia. Hal ini mungkin tidak terlepas dari keputusan Facebook yang telah mengakuisisi layanan tersebut beberapa waktu lalu. Menawarkan komunikasi yang lebih simple dan juga faktor keamanan yang terjaga, #WhatsApp kini telah tumbuh menjadi aplikasi chatting yang paling banyak diminati oleh para pengguna perangkat mobile.

Jika beberapa tahun lalu layanan BlackBerry Messenger sempat booming menjadi salah satu#aplikasi yang banyak digunakan tidak hanya untuk keperluan komunikasi namun hingga menyangkut urusan bisnis. Dan kini nampaknya WhatsApp juga mulai mengikuti jejak “senior”nya tersebut, menjadi media berjualan secara online.

Namun nyatanya masih cukup banyak pengguna Whatsapp yang bingung bagaimana memanfaatkan aplikasi ini untuk berjualan sebuah produk atau jasa tertentu. Umumnya mereka kurang faham bagaimana memulai dan juga mengelola akun Whatsapp-nya sebagai perantara bisnis.  Oleh karena itu berikut ini kami sajikan beberapa tips yang bisa digunakan bagi Anda yang ingin memanfaatkan aplikasi WhatsApp sebagai media berjualan secara online.

1. Perluas Jaringan Teman

Tips pertama yang mungkin sangat umum yakni dengan memperluas jaringan pertemanan yang kita miliki. Meskipun terdengar sepele, namun tips yang satu ini memang tidak bisa dilepaskan jika kita bergelut di dunia bisnis. Terutama saat bermain di ranah online, jaringan pertemanan layaknya jembatan kita untuk bisa memperoleh kesuksesan bisnis yang lebih besar. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita semakin banyak mencari teman lewat akun Whatsapp pribadi kita. Caranya bisa melalui manual dengan bertanya pada orang di sekitar kita, meminta kontak melalui teman lain atau bisa juga masuk pada grup-grup tertentu untuk mendapatkan kontak WhatsApp anggotanya.

Namun upayakan untuk menambahkan teman secara wajar dan tidak terkesan memaksa. Karena pada dasarnya aplikasi WhatsApp tetap mengutamakan pentingnya komunikasi daripada unsur bisnisnya. Inilah mengapa kita harus mengambil strategi soft selling agar bisa meraih lebih banyak jaringan pertemanan via WhatsApp.

2. Manfaatkan Profil Picture Dengan Maksimal

Tips kedua yang bisa dicoba adalah dengan memanfaatkan fasilitas profile picture. Kita bisa sering-sering mengupdate profil picture kita dengan gambar seputar bisnis yang kita jalankan. Namun lagi-lagi kita harus tetap ingat bahwa banyak pengguna Whatsapp yang justru tidak nyaman jika mengetahui kontak pertemanannya merupakan akun yang difokuskan untuk dunia bisnis.

Untuk menghadapi masalah tersebut, triknya adalah jangan hanya memampang foto produk secara langsung atau mungkin informasi terkait bisnis kita namun gunakan foto kita sendiri yang sedang membawa atau menggunakan produk kita. Jika diperlukan kita juga bisa menggunakan model atau bahkan endorse public figure yang tentunya akan lebih menarik calon konsumen.

3. Kreatif Dalam Memberikan Konten

Jika #bisnis online yang kita jalankan adalah bisnis reseller, tentunya kita akan menghadapi banyak pesaing lain yang juga sama-sama produk serupa dengan milik kita. Oleh karena itu ketika kita mengirimkan sebuah konten lewat WhatsApp, upayakan bahwa konten itu berbeda dengan yang dimiliki reseller lain.

Seperti contohnya konten foto, akan lebih baik jika kita tidak menggunakan foto yang sudah banyak beredar di internet. Usahakan buatlah foto sendiri dari produk yang kita jual. Selain menambah daya tarik, hal tersebut juga memberikan kesan profesional pada diri kita sebagai penjual di mata konsumen.

4. Membuat Grup Aplikasi Whatsapp

Serupa dengan beberapa layanan chatting lainnya, dalam aplikasi WhatsApp juga terdapat fitur Grup yang bisa digunakan sebagai media perbincangan beberapa orang sekaligus. Untuk konsumen yang terbilang sudah banyak menggunakan produk atau jasa kita, kita bisa membuatkan mereka sebuah grup WhatsApp khusus yang di dalamnya berisi informasi atau mungkin program diskon yang akan menarik minat mereka.

Jangan lupa juga untuk mengelola grup tersebut secara baik. Selain membicarakan produk atau jasa, berikan juga konten-konten menarik atau tips yang bisa digunakan oleh konsumen yang tentunya masih berkaitan seputar bisnis kita. Dengan begitu para konsumen akan lebih nyaman dan tak segan untuk menjadi pelanggan setia kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *