5 FILM DOKUMENTER KEREN YANG WAJIB TONTON TAHUN INI

5 FILM DOKUMENTER KEREN YANG WAJIB TONTON TAHUN INI

Gila film dokumenter maupun tidak, kamu harus menonton dokumenter-dokumenter ini. Menonton sebuah film dokumenter dapat membuka pikiran dan wawasan kamu. Film dokumenter bagus itu banyak, namun yang dapat benar-benar menggugah diri dan menginspirasi itu tidak banyak. Berikut adalah daftar film dokumenter yang wajib kamu tonton tahun ini.

1. KURT COBAIN: MONTAGE OF HECK

Kamu suka bosan gak sih kalo nonton film dokumenter yang di-interview dengan posisi kamera yang sama? Nah Brett Morgen ini memiliki style film dokumenter yang unik, bisa di lihat di karya sebelumnya, Crossfire Hurricane (2012), yang menceritakan kronologi band the Rolling Stones. Film dokumenter ini menjelaskan grup musik the Rolling Stones dengan menghubungi lagu-lagunya dengan para anggota band, bukan menganalisa lagu-lagu mereka. Kali ini di film “Kurt Cobain: Montage of Heck”, ia berhasil menunjukan Kurt Cobain yang sebenarnya tanpa menyambungi atau fokus secara dramatis ke Nirvana maupun karakter Courtney Love. Dengan mengumpulkan dan mendalami jurnal, diari audio dan film home-made Kurt yang ada, Brett memberikan audiens kesempatan memahami perasaan-perasaan Kurt yang sebenarnya.

2. LISTEN TO ME, MARLON

Film dokumenter ini di bungkus oleh Stevan Riley dengan indah dan unik. Dengan rekaman langsung oleh aktor legendaris Marlon Brando, dari berbagai wawancara, catatan autobiografi, bahkan sampai rekaman hipnosis diri untuk relaksasi dan musik hypnotic, menangkap esensi dari seorang Marlon Brando.

3. CALL ME LUCKY

Mungkin kamu pernah mendengar sutradara dari dokumenter ini, Bobcat Goldthwait adalah seorang sutradara film, komedian stand-up, aktor, penyanyi, artist suara dan masih banyak lagi. Lelaki multi-talenta ini menggarap dokumenter mengenai teman stand-upnya sendiri, Barry Crimmins, seorang komedian stand-up yang populer di dunianya, namun bisa dibilangunderrated. Call Me Lucky premier di Sundance Film Festival 2015.

4. WHAT HAPPENED, MISS SIMONE

Siapa lagi yang tidak kenal dengan Nina Simone? Penyanyi jazz yang dikenal sebagai High Priestess of Soul, jenius dalam musik dan musisi provokatif yang selalu membawa pertunjukan yang meriah. Dokumenter yang judulnya diambil dari salah satu puisi Maya Angelou ini difokuskan pada bagaimana Nina Simone bergerak dari seorang aktivis menjadi pilar dalam gerakan hak sipil.

5. THE HUNTING GROUND

Sutradara pemenang Emmy Award Kirby Dick sekali lagi membawa dokumenter yang membuat bulu kuduk berdiri. The Hunting Ground menceritakan ketidakadilan yang sedang marak terjadi di kampus-kampus Amerika Serikat, sering sekali mahasiswi perempuan mengalami kekerasan seksual di wilayah kampus, melaporkannya ke pihak berwajib, namun tidak ada tindakan dari pihak kampus, yang mengakibatkan dengan para tersangka berjalan bebas di daerah kampus.

Kata Kunci :

  • film dokumenter kuliner
  • film dokumenter kuliner indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *