5 APLIKASI UNTUK MEMBUAT GAME

5 APLIKASI UNTUK MEMBUAT GAME

Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa membuat game adalah pekerjaan yang paling susah. Padahal game menjadi aktivitas selingan yang paling menyenangkan. Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer atau tablet, atau bahkan smartphone sekalipun hanya untuk bermain game. Berbeda dengan film yang memiliki fungsi ditonton hanya sekali, game tidak demikian. Tingkatan level yang ada membuat orang pada akhirnya betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk bermain. Nah, berbicara game, mainnya mungkin mudah. Namun, kamu pernah berpikir untuk membuat game? Mungkin bukan game dengan tingkat rumit yang tinggi, hanya sebuah game sederhana dengan ide kreatifmu. Banyaknya aplikasi pembuat game pada akhirnya semua orang bisa membuat game, tanpa perlu keahlian khusus. Nah, kali ini akan memberikan alternatif aplikasi untuk membuat game yang bisa kamu gunakan.

 

  1. Adventure Maker Free Edition

Aplikasi untuk membuat game yang satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk PC Windows karena kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat game jenis point-and-click di PSP, Iphone, atau Ipod Touch. Tak hanya bisa untuk membuat game, Adventure Maker ini juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi mutimedia, virtual tours, aplikasi edukasi, ataupun presentasi. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa membuat game tak sesusah dulu. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu mengimpor gambar dan menambah beberapa titik yang nantinya berfungsi untuk menghubungkan gambar satu dengan lainnya. Aplikasi yang mendukung Windows XP dan Vista ini menyediakan fitur “Load/Save Game” functions, inventory items, 360-degree interactive panoramas, dukungan untuk format Flash, karakter untuk pembuatan game third-person, full-screen transitions, efek air dan asap, hingga dukungan untuk 30 lebih format file multimedia. Yang menyenangkan lagi, aplikasi ini memiliki sampel game yang juga terdapat tutorialnya sehingga kamu bisa mencobanya dengan kreasi sendiri. Bahkan untuk menambah fungsi program, sejumlah plugin gratis juga tersedia dan bisa kamu download di Adventuremaker.com.

 

  1. 3D Game Studio

Aplikasi ini akan sangat cocok jika kamu ingin membuat game, baik 2D maupun 3D khususnya Role Playing Game. Aplikasi ini menyediakan komponen seperti background air, tanah, dan juga udara. Dalam sebuah game, tentu kamu akan membutuhkan karakter untuk memainkannya. Nah, karakter yang tersedia di 3D Game Studio ini terbagi menjadi dua, yaitu karakter yang bisa dimainkan dan yang tak bisa dimainkan. Di mana karakter yang terbentuk bisa diset mulai dari status, visual, behavior, dan perlengkapan karakter lainnya. Bisa dikatakan 3D Game Studio adalah aplikasi yang terbaik untuk belajar membuat game 2D atau 3D, karena tutorialnya, contoh, plugin yang disediakan pun banyak, bagi yang bisa programming lebih bagus lagi karena ada API buat bahasa pemrograman seperti Delphi, .NET C#

 

  1. Adventure Game Studio

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan untuk membuat game petualangan dalam tampilan semi 3D. Untuk yang menguasai pemrograman akan lebih mudah menggunakan aplikasi ini. Namun, untuk pemula bukan berarti tak bisa membuat game menggunakan aplikasi ini. Adventure Game Studio menyediakan tutorial mulai dari awal dan step by stepnya secara gratis. Bahkan tersedia juga resource page di situs web sang pembuat untuk mengakses tips dan triknya. Adventure Game Studio memungkinkan kamu membuat game petualangan jenis point-and-click, seperti aneka game buatan pembuat game Sierra dan Lucasart yang terbit di tahun 1990-an.  Terdapat beberapa fasilitas yang akan kamu dapatkan, mulai dari panduannya, hingga template klasik yang memungkinkan kamu untuk mengedit dan memodifikasi sesuai keinginan. Aplikasi ini kompatibel dengan Windows 2000, XP, dan Vista serta membutuhkan penginstalan .NET Framework 2.0. Butuh pemahaman sebelum menggunakannya, tapi feature pengaturan game sangat fleksibel, sehingga kamu dapat menentukan format resolusi tampilan game hingga personalisasi GUI (Graphic User Interface-nya).

 

  1. RPG Maker VX

Jika kamu menggunakan aplikasi ini untuk membuat game, maka kamu tak perlu repot memikirkan karakternya. RPG Maker VX menyediakan karakter, dengan kekurangan wajah karakter yang tak bisa diubah. Aplikasi ini mungkin cocok untuk membuat game bergenre ROG seperti Harvest Moon, Digimon, dan lainnya. Dengan penggunaan game ukuran kecil akan membuat kamu lebih kreatif tanpa takut pusing memikirkan scripting.

 

  1. Game Maker

Nah, aplikasi untuk membuat game adalah Game Maker yang mudah untuk digunakan. Akan ada banyak bentuk game yang bisa kamu ciptakan dari aplikasi yang satu ini, misalnya permainan puzzle, tembak-menembak, hingga permainan tiga dimensi dan first person shooter. Tak menguasai bahasa pemrograman? Tenang saja karena kamu dapat mengunduh beragam tutorial di situs sumbernya. Kamu bisa mengunduh background, musik latar, skrip pemrograman (agar tak repot membuat kode), banner, hingga fasilitas untuk membuat cheat codes di game buatanmu.

Kata Kunci :

  • aplikasi membuat malang swante sayang
  • cara membuat game cafe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *