470 RUMAH BAGI PNS KOTA MALANG

rumqh

MALANG KOTA- Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Malang yang mendambakan mendapat program rumah murah, kini harus bersaing ketat. Dari 470 unit rumah khusus PNS yang bakal dibangun di Bandulan, Kecamatan Sukun, sampai kemarin sudah ada 700 pemohon. Artinya, akan ada 230 PNS yang tak kebagian jatah rumah.

Asisten II Bidang Administrasi Pembangunan Setda Kota Malang Hadi Santoso mengatakan, pihaknya akan menyeleksi pemohon. Sesuai persyaratan, PNS yang berhak mendapatkan rumah murah adalah PNS golongan I dan II. ”Kami utamakan yang belum punya rumah,” ujar Sony, panggilan akrab Hadi Santoso, usai menggelar rapat koordinasi bersama bagian kerja sama dan pengembang, Selasa (8/7) kemarin.

Sony menjelaskan, 450 unit rumah murah tersebut semuanya bertipe 36. Rumah itu memang khusus bagi  PNS golongan I dan II. Saat ini, Sony masih membahas rencana pembebasan lahan. Sebab, lahan seluas 7,5 hektare di kawasan Bandulan itu jauh dari jalan raya, sehingga perlu ada pembebasan lahan untuk akses jalan keluarnya. ”Lokasinya sekitar 120 meter dari jalan raya,” kata dia.

Sebelumnya, tahun 2012 lalu, pemkot sudah membangun 63 unit rumah di kawasan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru. Selain itu, juga membangun 53 unit rumah PNS di Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang.

Sementara itu, Direktur PT Kharisma Karangploso Tri Wediyanto, selalu penggarap rumah murah itu berharap agar proyek pembangunan perumahan PNS di kawasan Bandulan bisa dipercepat. Tri Wediyanto yang dipercaya menggarap, siap menuntaskan segera. ”Kami harap bisa dipercepat. Pembebasan lahan untuk jalan masuk juga sudah dikoordinasikan,” terang Tri Wediyanto.

Tri Wediyanto mengatakan, penyediaan lahan perumahan PNS ditanggung pemerintah. Pihaknya menggarap konstruksinya. Mengenai harga rumah, dia belum memastikan. ”Harganya lebih murah dari harga rumah kalau digarap pemerintah, tapi kualitasnya lebih bagus,” yakin dia.

Untuk pembangunan perumahan PNS, dia menyiapkan dana Rp 20 miliar. PNS yang berhak mendapatkan rumah murah mempunyai gaji maksimal Rp 4 juta per bulan. ”Kira-kira nilai investasinya Rp 20 miliar,” kata Tri.

Suka blusukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *