4 Wisata Edukasi Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

4 Wisata Edukasi Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi

Merencanakan wisata terutama yang mengandung unsur edukasi sangat lah penting. Jawa Timur terutama di Kota Batu dan Malang adalah pilihan lokasi wisata edukasi yang sangat direkomendasikan. berwisata tentunya tidak hanya sekedar jalan jalan atau hanya menghabiskan waktu saja, namun lebih kearah edukasi untuk memberikan banyak manfaat bagi anak dan keluarga adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan.

Berikut ini kami merangkum 4 Lokasi Wisata Edukasi di Jawa Timur yang wajib dikunjungi terutama disaat liburan keluarga. Dan menjadi rujukan penting bagi keluarga agar mudah menentukan lokasi lokasi wisata favorit.

1. Wisata Petik Bunga Kota Batu.

Desa Wisata Kota Batu Desa Gunungsari

Desa Gunungsari merupakan satu-satunya desa di wilayah Kecamatan Bumiaji yang memiliki potensi budidaya bunga potong mawar yang besar dengan cakupan luas lahan mencapai lebih dari 60 hektar. Desa ini terletak diantara daerah perbukitan gunung Panderman disebelah selatan serta gunung Arjuna disebelah utara. Desa ini juga merupakan desa pemasok bunga mawar potong terbesar di seluruh Indonesia. Bahkan, mawar potong ini dikirim sampai ke Semarang, Bandung, Jakarta, dan Bali.

Desa wisata Gunungsari sangat mengandalkan wisata petik mawarnya. Salah satu tempat yang paling terkenal adalah GUMUR, yang menawarkan Petik Mawar Presto (Mawar Tanpa Duri)!  Wisata petik bunga mawar unik ini pastinya aman dan mengasyikkan untuk penyuka bunga Mawar tanpa takut tertusuk durinya.

Selain tanpa duri, bunga Mawar  potong yang di tanam di daerah kota wisata Batu memang terkenal dengan batangnya yang panjang dan kuat sehingga cocok untuk dijadikan dekorasi karena tahan lama.

wisata petik bunga desa wisata kota batu

Harga tiket masuk wisata potong mawar sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp.10.000,-/orang dan setiap tangkai bunga Mawar yang kita petik akan dikenakan biaya tambahan Rp.3.000,-/tangkai..Murah meriah bukan?

Di dalam hamparan kebun bunga mawar yang sangat luas, wisatawan dapat memetik sendiri bunga mawar dan membawanya pulang sebagai souvenir. Selain itu di tempat wisata ini juga menjual bibit bunga mawar dalam polybag.

Wisata Petik Bunga Mawar GUMUR
Address :Gapoktan Gunung Sari Makmur Jl.Gunung Sari No.29 Gunung Sari Kecamatan Bumiaji – Kota Wisata Batu Jawa Timur

Phone :0341 – 5025435

2. Wisata Musium Angkut Kota Batu

Museum-Angkutan-Batu-yang-menarik

Museum angkutan atau museum angkot  yang berada dikota Batu resmi dibuka pada bulan februari tahun 2014 yang lalu, sudah hampir satu tahun tempat wisata ini beroperasi dan bulan februari besok atau 2 bulan lagi sebagai anniversary yang pertamanya. Memang Batu sebagai kota wisata yang berada di Jawa Timur semakin mempesona dan terus mengembangkan wahana-wahana lain setiap tahunnya. Setelah sukses dengan jatim parknya, lalu museum satwa, secret zoo, BNS dan sekarang dengan wisata baru yaitu museum angkutan.

Sesuai dengan nama yang diusung museum ini, terdapat berbagai alat transportasi kuno hingga modern dari belahan kota yang ada di Indonesia dan bahkan terdapat juga alat transportasi dari manca negara, misalnya dari Benua Eropa, Amerika dan lain sebagainya. Berbagai jenis dan model alat transportasi ada disini, mulai alat transportasi dari darat misal mobil, laut, maupun udara.

Musium Angkut Kota Batu

Address: Jalan Terusan Sultan Agung No.2, Kota Batu, Jawa Timur 65311

Phone:+62 821-4446-8002

3. Wisata Edukasi Eco Green Pack

wisata edukasi eco green park

Eco Green Park adalah wahana baru yang berada di Kota Wisata Batu Jawa Timur, sekitar 30 km atau 45 menit dari kota Malang. Objek wisata ini baru dibuka sejak 1 Juli 2012. Lokasi Eco Green Park sendiri tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2 atau tepatnya di Jl.Oro-oro Ombo No.9A, kota Batu-Malang. Dengan luas sekitar 5 hektar, wahana ini dibangun untuk mengukuhkan Jatim Park 2 sebagai salah satu tujuan wisata nasional setelah Bali.

Wahana yang bermotto Fun and Study ini berisi tentang ekosistem dan reptil yang lengkap dan bertaraf internasional. Konsepnya memadukan wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni yang inspiratif, menarik, serta mendidik. Wisata ini sangat cocok untuk rekreasi keluarga, terutama sebagai wisata edukasi untuk anak-anak. Tujuannya agar anak-anak bisa belajar tentang ekosistem. Banyak manfaat dan pengetahuan bisa didapatkan dari lokasi ini. Pengunjung diajarkan untuk sadar terhadap lingkungan dengan berbagai permainan yang unik dan sangat menyenangkan. Lokasi yang bertetangga dengan Batu Secret Zoo ini menawarkan sekitar 35 wahana edukasi.

Eco Green Pack

Jl.Oro-oro Ombo No.9A, kota Batu-Malang

4. Wisata Petik Buah Apel Kota Wisata Batu

wisata_petik_apel

Tak hanya sekedar mencicipi, Anda bahkan bisa memetik buah apel segar langsung dari pohonnya. Banyak terdapat perkebunan apel penduduk lokal yang dikembangkan menjadi wisata petik apel (agro rakyat), salah satunya di daerah Bumiaji, Desa Agrowisata. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari area Jatim Park dan Batu Secret Zoo membuat tempat ini cukup mudah dijangkau. Dari terminal Kota Malang dapat ditempuh dalam waktu 40 menit.

Perkebunan apel ini bisa Anda jelajahi mulai pukul 8.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Pemandangan kebun apelnya sendiri sangat cantik dengan latar belakang pegunungan. Anda dapat membeli tiket masuk seharga Rp 20.000 per orang dan mendapatkan welcome drink jus apel kemasan. Kemudian, Anda bisa berkeliling di sekitar kebun apel yang udaranya masih sejuk dan asri.

Waktu terbaik untuk melakukan wisata petik buah apel adalah antara bulan Desember, Januari dan Februari. Pada tiga bulan tersebut, persedian buah Apel di kebun para petani berlimpah.

Kata Kunci :

  • wisata edukasi di jawa timur
  • wisata edukasi jawa timur
  • tempat wisata dan edukasi murah di jawa timur
  • tempat wisata edukasi di jatim
  • tempat wisata edukasi di jawa timur
  • tempat wisata edukasi di malang
  • wisata di jawa timur
  • wisata edukasi murah jawa timur
  • wisata perkebunan edukasi untuk anak di jawa timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *