3 SARAPAN UNIK DI DUNIA

SARAPAN

Apa menu sarapan favorit Anda? Roti panggang dengan susu, oatmeal, atau justru makanan berat seperti nasi goreng dan telur? HUIT Persamaannya hanya satu, mengandung karbohidrat dan nutrisi yang cukup untuk menunjang aktivitas tubuh sampai makan siang.

Ada yang biasa-biasa saja dan terdengar lezat. Misalnya seperti Pho, sup bihun dengan kuah kaldu daging yang menjadi sarapan favorit warga Vietnam. Atau Filmjlk, bubur susu fermentasi yang menjadi menu makan pagi di negara-negara Skandinavia. Tetapi ada pula yang mungkin membuat dahi berkerut saat mendengarnya. Sebut saja jagung busuk yang sangat disukai warga Mexico untuk santapan pagi hari atau haggis, sosis kehitaman Skotlandia yang terbuat dari darah babi atau sapi.

Penasaran? Berikut ini kami sajikan untuk Anda seperti dilansir Travel and Leisure.

1. Chawanmushi
Chawanmushi mungkin tidak terlalu familiar di telinga Anda jika dibandingkan dengan makanan Jepang lainnya. Makanan yang satu ini bentuknya menyerupai custard atau puding telur. Tetapi kalau puding telur biasa dimakan untuk hidangan penutup, chawanmushi justru dijadikan salah satu menu sarapan oleh orang Jepang.

Bahan utama chawanmushi adalah telur dan kaldu dashi yang dituangkan ke dalam mangkuk keramik atau cawan tanah liat kemudian dikukus. Chawanmushi memiliki rasa yang gurih dan tekstur sangat lembut, seperti tahu sutera. Jika sudah matang kemudian diberi taburan jamur shiitake, udang, irisan daging ayam, atau kamaboko.

2. Huitlacoche
Huitlacoche adalah menu sarapan dari Meksiko. Pada dasarnya, huitlacoche adalah jagung yang gagal panen karena terkena jamur Ustilago maydis. Warnanya abu-abu kehitaman seperti jagung busuk. Tetapi jagung ini tidak membahayakan kesehatan, kok.

Menurut warga Meksiko, jagung yang terkena penyakit seperti ini justru terasa lezat. Rasanya seperti jamur yang biasa dimakan. Harganya saja lebih mahal daripada jagung biasa. Huitlacoche mengandung protein tinggi. Biasanya dijadikan bahan isian untuk taco dan tamale atau dijadikan campuran omelet.

3. Filmjölk
Filmjlk , sarapan yang populer di negara-negara Skandinavia terbuat dari susu yang difermentasikan. Setelah matang hasilnya jadi mirip dengan yoghurt. Tetapi bakteri yang digunakan untuk membuat filmjlk berbeda dengan yoghurt.

Filmjlk memiliki tekstur yang Kental dengan paduan rasa gurih dan sedikit asam. Penduduk Skandinavia biasa memakan Filmjlk dengan mencampurkan sereal ke dalamnya. Untuk melengkapi rasanya yang cenderung asam, filmjlk juga biasa ditambahi gula, selai, saus apel, kayu manis, atau potongan buah segar.

Kata Kunci :

  • dp makanan lezat
  • dp bbm makanan lezat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *