15 Cara Cerdas Untuk Pergi Jauh dan Lama Cuma Bawa Satu Tas Saja

p_carryon_packing_141125-750x422

Kamu yang sering bepergian jauh untuk waktu yang lama, mungkin sudah biasa dengan barang bawaan yang begitu banyaknya. Satu tas saja tidak cukup menampung barang-barangmu untuk keperluan 5 hari sampai seminggu. Padahal, repot banget kalau kamu harus membawa 2-3 tas dalam perjalanan yang memakan waktu lebih dari beberapa jam. Sudah capek dan pegal-pegal, kamu masih harus menggotong atau menggeret barang dari terminal sampai homestay. Boro-boro menikmati liburan, kamu malah keburu tepar karena kecapekan.

Kalau kamu memang cerdas, putarlah otak supaya kamu bisa bepergian jauh dan lama hanya dengan membawa satu tas saja. Jangan cemas karena kali ini Hipwee akan memberikanmu panduannya. Sudah siap membaca?

1. Pilihlah tas berbahan duffel atau carrier. Meski dimensinya sudah pasti, volumenya bisa mengembang sehingga lebih banyak teris tas duffle atau carrier bisa jadi pilihan pertamamu.

Carilah tas dengan bahan yang fleksibel seperti tas duffel atau carrier. Ada juga koper beroda yang berbahan duffel. Bahan ini lebih luwes sehingga bisa memuat lebih banyak barang, namun kuat dan memungkinkan kita untuk menjejalkan sedikit lebih banyak bawaan. Cari tas yang tidak bersekat di dalamnya sehingga kamu dapat menata barang bawaanmu dengan lebih mudah.

Untuk kamu yang akan naik pesawat dan berniat membawa tas ke dalam kabin guna mengurangi biaya bagasi, setiap maskapai memiliki peraturan tentang batas ukuran tas yang boleh di bawa ke kabin. Ada yang berdasarkan berat, ada yang berdasarkan dimensi. Untuk berat rata-rata berkisar 7 kg, sedangkan untuk dimensi tas sekitar 22 x 14 x 9 inchi alias 56 x 35 x 22 cm.

2. Kebingunganmu memilih pakaian mana yang dibawa bisa diselesaikan dengan mengandalkan pakaian-pakaian berwarna senada

Salah satu cara ampuh untuk mengurangi beban bawaan adalah dengan membawa lebih sedikit pakaian. Tapi kalau cuma bawa baju yang warna ijo ntar ga bisa dipakai pas ke Pantai Selatan. Cuma kalau bawa yang warna kuning, ngga cocok sama celana lorek-lorek yang ini… Ah bawa semua aja deh! Siapa tahu ntar kepake?

Kamu pasti pernah mengalami dilema ini, apalagi kalau kamu termasuk yang peduli pada penampilan. Tapi tenang saja, masalah ini dapat diatasi dengan memilih baju-baju berwarna senada yang dapat dipadupadankan sesuai dengan kebutuhan.

Selain warna yang senada, pilih juga pakaian-pakaian yang bisa digunakan untuk acara resmi maupun kasual. Misalnya celana jeans warna hitam, dress selutut, yang bisa dipakai untuk jalan-jalan tapi juga pantas untuk dipakai makan malam di acara resmi, atau kemeja yang cocok buat dikenakan di keramaian namun juga enak dipakai tidur.

3. Punya dress atau kemeja boleh saja. Tapi jangan lupa, investasi juga dengan membeli baju yang tak perlu disetrika

Perkembangan teknologi dalam dunia tekstil telah melahirkan kain-kain yang tidak mudah kusut dan ringan. Salah satu contohnya adalah bahan wrinkle-resistant synthetic blends yang nampak seperti bahan wool atau katun namun tidak mudah kusut. Ada juga bahan ultra light, yaitu bahan jaket atau rompi yang tahan air dan menahan panas tubuh namun sangat ringan.

Apabila kamu punya dana lebih, selain untuk menambah koleksi pakaianmu, kamu dapat membeli baju-baju dengan bahan-bahan seperti ini untuk mempermudah bawaanmu saat berpergian.

4. Bawalah masing-masing jenis pakaian dalam jumlah tiga. Satu setel untuk dipakai, satunya dicuci, dan satunya dijemur!

Bukan, hal ini tidak ada hubungannya dengan kepercayaan mistis tentang angka tiga. Ada penjelasan logis tentang alasan yang satu ini. Untuk meringankan barang bawaan, ada baiknya kamu mencuci pakaianmu selama di tempat tujuan nanti alih-alih membawa baju sebanyak hari kamu akan pergi. Atau bisa juga menggunakan jasa penatu jika tempat kamu menginap menyediakannya (tapi harus siap dengan biaya ekstra ya).

Kenapa tiga? Karena kamu dapat memakai satu stel pakaian ketika satu pakaianmu yang lain sedang dicuci dan satunya lagi tengah dijemur. Jadi tidak ada baju yang menganggur dan kamu juga tidak akan kekurangan pakaian.

5. Jika hendak bepergian ke daerah bersuhu dingin, andalkan pakaian yang bisa dikenakan berlapis-lapis daripada coat berbahan berat

Kalau kamu tidak punya banyak dana untuk dapat membeli pakaian-pakaian dengan bahan teknologi terbaru seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mengakali suhu dingin dengan mengenakan pakaian-pakaian yang dapat dipakai berlapis-lapis. Misalnya tank top dilapisi kaos t-shirt, kemudian sweat-shirt dan terakhir jaket. Atau kaos dalam dilapisi dress ringan yang kemudian ditambahkan cardigan, dan parka.

6. Pilihlah satu alas kaki andalan yang cocok dengan segala keperluanmu di tempat tujuan.

Alas kaki sering menjadi artikel pakaian yang paling berat. Selain itu sebagian besar bentuk-bentuk alas kaki juga tidak fleksibel seperti kain pakaian sehingga akan memakan ruang yang lebih besar. Karena itu minimalisir jumlah alas kaki yang ingin kamu bawa. Pilih satu saja alas kaki yang kamu rasa akan cocok dipakai untuk segala kesempatan.

7. Sepatu yang pastinya akan memakan tempat cukup besar dalam tasmu, memiliki ruang ekstra yang bisa dimanfaatkan.

Jika membawa sepatu di dalam tas, manfaatkan rongga sepatu untuk meletakkan barang-barang yang dapat dikepal. Isi rongga-rongga sepatumu dengan kaos kaki, sarung tangan, dasi atau pakaian dalam yang sudah digulung dengan rapi. Atau kamu bisa juga menjejalkan pernak-pernik aksesoris untuk mengisi ruang kosong tersebut.

8. Lipat dan gulung adalah sebuah jurus ampuh dalam menghemat ruang di dalam tas!

Ya, percaya atau tidak kamu akan mendapatkan lebih banyak ruang ekstra di dalam tasmu dengan cara menggulung pakaian-pakaianmu! Mungkin beberapa dari kamu tidak kepikiran untuk menggulung pakaian karena terbiasa dengan menumpuknya begitu saja. Melipat dan menggulung pakaian dapat membuat dimensi pakaianmu lebih kecil dan lebih mudah untuk ditata di dalam tas.

9. Selain metode menggulung ada juga metode bundle yang sangat berguna agar pakaianmu tidak kusut saat dimasukkan ke dalam tas.

Teknik bungkus-bundle atau bundle-wrapping adalah teknik melipat pakaian dengan cara membungkus sebuah obyek di bagian pusat dengan pakaianmu secara erat-erat. Yang perlu kamu lakukan hanya meletakkan pakaianmu membentang ke kiri, ke kanan, ke atas dan ke bawah secara berselang-seling sebelum dilipat masuk satu per satu secara berselang-seling juga. Hasilnya adalah suatu lipatan pakaian yang ketat dan tanpa celah. Jika masih bingung, kamu bisa lihat contoh petunjuknya sebagai berikut:

10. Sebaik-baiknya packing adalah yang tidak ada celahnya.

Selipkan pakaian-pakaian dalam atau artikel-artikel pakaian kecil seperti selendang, baju renang, sapu tangan, atau sabuk di sela-sela ruang yang masih tersisa dalam tas. Untuk sabuk, pasang sabukmu memanjang mengikuti pinggiran tas, daripada menggulungnya.

11. Vacuum bag bagaikan keajaiban yang mampu membantumu mengurangi volume pakaian dan bawaan kamu.

Belakangan teknologi vacuum bag sudah banyak dijual bebas. Idenya adalah dengan memasukkan pakaian yang sudah kamu gulung atau lipat bundle ke dalam kantong plastik khusus yang kemudian dihisap habis udaranya. Hasilnya adalah kantung berisi pakaian yang kempis, kadang gepeng, dan keras. Beratnya tetap sama, namun ruang yang terpakai dalam tasmu akan berkurang drastis.

12. Bawalah benda-benda yang bisa memiliki banyak fungsi, seperti sarung dan tali parasut.

Apalagi buat kamu yang akan sering berkelana atau menuju daerah yang fasilitasnya kurang lengkap. Barang-barang multi-fungsi seperti sarung misalnya, dapat memberi manfaat. Contohnya sebagai tempat ganti baju, bantal, selimut, handuk dan lain sebagainya. Tali parasut bisa digunakan untuk menambatkan barang bawaan ekstra di luar tas, dan juga sebagai tali jemuran darurat.

13. Yakin kamera, tablet, laptop, mau dibawa semua? Lebih baik pilih salah satu gadget dan persenjatai dengan aplikasi-aplikasi multifungsi.

Di masa sekarang, rasanya hampir sangat sulit bagi kita untuk berpisah dengan alat-alat elektronik yang dapat mempermudah hidup. Tapi kalau semuanya dibawa, tentu tas kita tidak akan cukup. Agar tidak perlu bawa terlalu banyak gadget, instal salah satu gadget andalan kamu dengan aplikasi-aplikasi yang bisa menggantikan peran gadget-gadget lain. Kemajuan smartphone memungkinkan kita untuk memiliki kamera, buku elektronik, konsol game dll. dalam satu gadget.

14. Kenakan pakaian-pakaian paling berat, seperti jaket dan sepatu di badanmu ketika di perjalanan untuk meringankan muatan tas kamu.

Pakaian yang paling berat seperti jaket dan jeans bisa membuat bobot tasmu jadi bertambah, dan biasanya juga lebih besar volumenya. Akali dengan membawanya menggunakan tubuhmu, alias memakainya selama di perjalanan. Manfaatkan kantong-kantong pada pakaian yang sedang kamu kenakan untuk menyimpan pernak pernik seperti kacamata, kunci, buku catatan, dll. Jika panas, jaket bisa dilepas dan disampirkan, tidak harus dipakai.

15. Bawalah tas duffel yang dapat dilipat untuk mengantisipasi jika saat pulang bawaanmu berlipat ganda.

Siapa tahu sampai di tempat tujuan kamu ternyata membeli barang-barang baru atau dititipi oleh-oleh sama orang rumah; jadi ada baiknya kalau kamu bawa satu tas ekstra yang bisa dilipat untuk jaga-jaga. Selain tas duffel, ransel berbahan ringan dan anti air juga sudah mulai banyak ditawarkan di pasaran. Ransel ini biasanya dikemas sedemikian rupa sehingga sangat kecil apabila tidak sedang dipakai.

Sekarang kamu tidak perlu bingung dan kesulitan lagi ketika harus packing untuk perjalanan jauh atau untuk pergi dalam waktu yang panjang. Semua bisa muat dalam satu tas, asalkan kamu mau mempraktekkan tips-tips berkemas di atas dan tidak malas, karena pakaian-pakaianmu tidak akan melipat diri mereka sendiri.

Kata Kunci :

  • cara menata isi koper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *