13 Manfaat Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat-buah-pir-hijau-untuk-ibu-hamil

Sama seperti buah-buahan lainnya, buah pir juga menawarkan segudang manfaat kesehatan. Buah pir dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan imunitas, menjaga daya penglihatan, dan yang terpenting adalah dapat membantu mengurangi risiko dari kanker.

Selain banyak manfaatnya, buah pir juga segar dan lezat rasanya. Buah ini dikemas dengan banyak nutrisi penting yang akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Diketahui pula bahwa nutrisi-nutrisi di dalamnya mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Beberapa Manfaat Buah Pir

 

Berikut adalah beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

1. Menurunkan Kolesterol
Buah pir telah menunjukkan kemampuannya dalam membantu menurunkan kolesterol berkat kandungan pektin yang tinggi di dalamnya. Pektin adalah jenis serat yang ditemukan dalam berbagai macam buah-buahan termasuk pir. Pektin menyediakan cara mudah untuk menghancurkan kolesterol jahat. Serat menempel pada kolesterol di dalam usus dan menghentikannya untuk memasuki aliran darah. Kolesterol yang terikat dalam pektin ini pada akhirnya akan keluar dari tubuh.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Buah pir mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan antioksidan yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah pir berukuran sedang mampu memberikan sekitar 12% dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh anda dengan mengonsumsi buah pir secara rutin.

3. Meningkatkan energi
Seperti yang telah diketahui bahwa glukosa yang diperoleh dari makanan sehari-hari bertindak sebagai bahan bakar bagi tubuh. Sederhananya, setiap sel dalam tubuh membutuhkan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi. Buah pir termasuk buah yang tinggi glukosa sehingga membantu menyediakan energi bagi tubuh. Dengan 17 gram ‘gula alami’ yang datang dari buah pir berukuran sedang, maka mengonsumsi satu porsi buah pir dapat dengan cepat meningkatkan energi anda.

4. Meningkatkan kesehatan tulang
Pir merupakan sumber boron, mineral yang dapat membantu menfasilitasi penyerapan kalsium yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Mineral ini mendukung tulang dalam memperkuat efek kalsium, magnesium, dan vitamin D. Dengan kata lain, boron yang ditemukan dalam buah pir sangat penting dalam mendukung kesehatan tulang, dan bahkan membantu pengobatan osteoporosis.

5. Menjaga kesehatan usus besar
Buah pir merupakan sumber serat yang baik. Satu buah pir berukuran sedang menyediakan 22% dari tunjangan harian serat yang direkomendasikan. Jadi, buah pir dengan konten seratnya yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan usus besar.

6. Menjaga daya penglihatan
Porsi harian buah pir dapat melindungi kesehatan mata dan dapat mencegah masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia. Senyawa antioksidan yang kuat di dalam buah ini dapat menghambat kerusakan sel dari radikal bebas, yang secara substansial dapat mengurangi kemungkinan pengembangan degenerasi makula terkait usia pada mata.

7. Mengurangi risiko kanker
Salah satu senyawa penting yang ada pada buah pir adalah quercetin, yakni antioksidan kuat yang dikenal memberikan efek anti-kanker. Quercetin menampilkan sebuah mekanisme pelindung sel, sebagaimana perannya dalam menangkal radikal bebas. Kerusakan radikal bebas yang tidak terkontrol dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk kanker. Jadi mengonsumsi buah pir secara reguler dapat menghambat aktivitas radikal bebas yang pada gilirannya membantu mengurangi risiko kanker.

8. Sebagai agen anti-inflamasi alami
Seperti yang disebutkan di atas, bahwa buah pir mengandung antioksidan seperti vitamin C dan quercetin yang berpotensi sebagai agen anti-inflamasi. Dengan demikian, sifat anti-inflamasi yang dimiliki buah pir dapat bekerja dalam mengobati kondisi peradangan seperti rheumatoid arthritis dan peradangan prostat.

9. Mengontrol tekanan darah
Antioksidan lain yang ditemukan dalam buah pir adalah glutathione, di mana dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, antioksidan quercetin juga memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah. Suplemen yang mengandung senyawa-senyawa tersebut diketahui juga efektif dalam membantu pasien yang memiliki tekanan darah tinggi. Jadi, buah pir termasuk buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar tekanan darah tetap selalu terjaga.

10. Mengurangi risiko penyakit jantung
Penelitian menunjukkan bahwa quercetin dalam pir mendukung fungsi arteri sehingga dapat membantu mengurangi kemungkinan terjadinya aterosklerosis, yakni suatu kondisi yang ditandai oleh penumpukan plak di arteri. Beberapa porsi buah pir dapat membantu kesehatan ‘pipa’ anda, yang pada gilirannya mengurangi risiko penyakit jantung.

11. Buah Hypoallergenic
Pir sering dipuji sebagai buah hypoallergenic, yang berarti buah ini tidak mampu memicu reaksi alergi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antioksidan quercetin dalam buah ini diketahui menghalangi produksi histamin, yakni bahan kimia yang menginduksi respon alergi. Tidak heran, dokter sering merekomendasikan buah ini sebagai makanan rendah alergi.

12. Mengontrol diabetes
Buah pir dapat menjadi makanan yang sehat untuk penderita diabetes. Pir yang tinggi serat ini juga diketahui makanan yang rendah glisemik, di mana sering dianjurkan untuk menjaga gula darah pasien diabetes tetap stabil. Rendah glisemik berarti gula yang dalam makanan ini dipecah secara perlahan dan bertahap memasuki aliran darah. Hal ini memastikan bahwa gula darah tidak meningkat dengan cepat dan bekerja mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain itu, pir merah merupakan sumber anthocyanin, antioksidan yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin (yang berarti sel-sel tubuh dapat menjadi reseptif terhadap tindakan insulin) yang pada akhirnya membantumengurangi risiko diabetes. Bahkan studi yang dilakukan di Hardvard University menunjukkan bahwa mengonsumsi buah pir secara rutin dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

13. Bermanfaat selama kehamilan
Pir menyediakan nutrisi dengan dosis yang sehat dan juga baik dikonsumsi selama kehamilan. Pir adalah sumber yang baik dari vitamin B9 (asam folat), yang dikenal untuk melindungi bayi dari cacat tabung saraf.

Dengan begitu banyaknya manfaat kesehatan yang ditawarkan, buah pir sangat layak untuk dikonsumsi secara teratur. Buah menyehatkan ini tentu bisa menjadi tambahan atau pelengkap yang bagus untuk diet dan pola makan apapun, dan dapat dikonsumsi kapan saja. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *