10 Tips Membeli Laptop Gaming Yang Bagus

Alienware_17

Ketika seorang gamer bermain game di PC ataupun laptop, pasti dia ingin memainkan game tersebut dalam performa terbaik. Untuk itu dibutuhkan sebuah PC atau laptop gaming yang bagus, yakni perangkat yang akan berpengaruh secara langsung maupun tak langsung terhadap hasil akhir dalam permainan atau game. Dibandingkan PC, laptop gaming punya beberapa kelebihan dalam portabilitas sehingga banyak orang memilih laptop untuk bermain game.

Berbagai macam tipe laptop / notebook diproduksi selama beberapa tahun terakhir. Dan sekarang laptop gaming makin banyak tersedia di pasaran. Untuk mendapatkan gaming laptop dengan performa terbaik, kita semua perlu ekstra hati-hati. Kumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang laptop idaman dan jangan buru-buru membeli.

Informasi yang perlu dikumpulkan diantaranya adalah minimum specs atau spek apa saja yang harus ada pada sebuah laptop gaming. Sehingga laptop yang sudah Anda beli dengan susah payah merupakan laptop gaming yang terbaik dan kompetitif untuk beberapa tahun ke depan.

Simak juga Laptop Gaming Terbaik 2015 + Review
Spesifikasi laptop gaming yang bagus itu seperti apa ?

laptop gaming bagus alienware 17Laptop untuk game dengan performa terbaik punya beberapa spesifikasi minimum. Berikut adalah 10 tips yang wajib diperhatikan sebelum membeli laptop gaming yang bagus.

1. Processor

Pilih processor Intel untuk laptop game Anda, karena processor tersebut kinerjanya sangat bagus dan tidak cepat panas. Sekarang ini Intel Core i7 adalah processor terbaik yang ada di pasaran. Jika dana Anda terbatas setidaknya gunakan Core i5, tapi prioritas utama tetap Core i7.

2. RAM (random access memory)

Pilih laptop gaming dengan RAM sebesar-besarnya yang Anda mampu. Gaming laptop dengan RAM 8GB sudah memadai untuk saat ini. Jika terpaksa setidaknya gunakan RAM 4GB, dan Anda dapat meng-upgrade-nya nanti bilamana diperlukan. Jika RAM kurang dari 4GB lebih baik jangan beli dulu.

3. Kartu grafis

Memilih kartu grafis juga harus hati-hati. Karena, jika kartu grafis buruk, maka laptop Anda tidak akan dapat menjalankan game dengan maksimal. Kartu grafis favorite seperti NVIDIA dan AMD sudah cukup bagus, walaupun penamaan seri-nya banyak membingungkan konsumen. Harga kartu grafis ini lumayan murah dan kinerjanya juga baik.

4. Hard drive

Pilih laptop gaming dengan kapasitas hard drive yang besar. Kenapa ? Pertama, karena kita tidak dapat meletakkan hard drive tambahan pada sebuah laptop. Kedua, karena sebuah game selalu menelan space dalam porsi besar. Daripada kelak harus membeli hard disk eksternal akibat kekurangan space, lebih baik gunakan internal hard disk yang besar sekalian.

5. Layar

Tentang layar yang ideal untuk laptop gaming selalu ada pertentangan antara ukuran layar dengan portabilitas. Layar yang besar pasti lebih nyaman dan menyenangkan untuk bermain game. Namun layar besar akan membuat ukuran laptop juga makin besar, bobotnya makin berat, serta makin boros tenaga baterai. Layar dengan resolusi 1080 piksel sudah cukup memadai.

6. Daya tahan baterai

Gaming laptop membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan game pada resolusi tinggi dan setting-an maksimal. Itulah kenapa baterai laptop gaming cepat terkuras habis. Jika digunakan main game, baterai laptop mampu bertahan sekitar 2 jam. Pada penggunaan biasa (bukan gaming) baterai bisa bertahan 3 sampai 6 jam.

7. Keyboard mekanis

Keyboard merupakan salah satu peripheral paling penting dari laptop gaming. Laptop dengan keyboard mekanis yang berkualitas akan meningkatkan kemampuan game Anda.

8. Kualitas audio

Laptop gaming biasanya memiliki audio / speaker yang kualitasnya lebih bagus dan lebih impresif dibandingkan speaker pada laptop biasa. Beberapa diantaranya bahkan dilengkapi dengan tweeter dan subwoofer. Namun untuk kenyamanan dan pengalaman nge-game yang lebih baik, menggunakan head set jauh lebih diutamakan.

9. Garansi ekstra

Pilih gaming laptop yang menawarkan garansi ekstra. Semakin lama garansinya maka semakin baik. Beberapa merek laptop memberikan garansi hanya satu tahun, dan hemat kami itu tidak cukup. Coba cari notebook gaming dengan garansi minimal 2 tahun. Karena beberapa laptop gaming yang bagus ada yang berani menawarkan garansi sampai 3 tahun.

10. Harga laptop gaming

Laptop gaming bagus harganya tentu tidak murah. Karena itu periksalah spesifikasi laptop gaming yang Anda idamkan dengan secermat mungkin. Produsen kadang-kadang memproduksi laptop dalam beberapa konfigurasi / varian. Jadi pastikan Anda mendapatkan notebook gaming sesuai harga yang Anda bayarkan.

Pertimbangan lain : Jika Anda punya budget ekstra, pertimbangkan laptop dengan hard drive SSD (solid state drive), karena kinerja SSD lebih cepat. Dan jika memakai Windows maka gunakan Windows original 64 bit.

Itulah 10 tips yang harus diperhatikan sebelum memilih dan membeli membeli laptop gaming yang bagus. Semoga pengalaman nge-game jadi lebih nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *