10 Tempat Wisata di Sekitar Jombang yang Wajib Dikunjungi

10 Tempat Wisata di Sekitar Jombang yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Jombang berada di provinsi Jawa Timur dan memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi meliputi wisata alam hingga wisata sejarah. Bagi anda yang merencanakan berwisata ke Jombang, berikut adalah 10 tempat wisata di Jombang sebagai tujuan wisata Anda.

Tempat Wisata di Sekitar Jombang
Air Terjun Tretes

1. Air Terjun Tretes
Air terjun yang berada di ketinggian 1250 mdpl ini merupakan air terjun tertinggi di provinsi Jawa Timur dengan tinggi air terjun sekitar 158 meter.

Objek wisata Air Terjun Tretes berlokasi di Dusun Tretes, Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam sekitar 40 km ke arah tenggara  dari pusat kota Jombang. Untuk bisa menuju ke lokasi air terjun ini bisa ditempuh melalui 2 jalur yakni dari wilayah kabupaten Jombang dengan panjang rute 5 km dari tempat pemberhentian mobil dan dari wilayah Kediri, tepatnya di kecamatan Kandangan. Memang kondisi jalannya masih berupa batuan, tapi sering dilewati oleh kendaraan bermotor. Jarak tempuhnya kurang lebih 1 Km dari tempat pemberhentian mobil.

2. Goa Sigolo-golo
Goa Sigolo-Golo merupakan sebuah goa alam yang berada di Dusun Kraten, Desa Panglungan, Kec. Wonosalam, Jombang. Letak Goa ini terletak tepat di tebing lereng Gunung Welirang. Jalan menuju ke Goa Sigolo-Golo cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Tapi, ketika sudah mulai naik menuju ke mulut goa sebaiknya lebih berhati-hati, sebab untuk menuju ke Goa Sigolo-Golo harus berjalan kaki menyusuri jalan yang terjal dan licin. Setibanya di Goa Sigolo-Golo, Anda akan menikmati keindahan tebing yang curam dan bebatuan yang eksotis

Goa alam di Jombang yang indah ini berlokasi di dusun Kranten, Desa Panglungan, Kec. Wonosalam berjarak sekitar 30 Km dari Air Terjun Tretes.

3. Wisata air Sumberboto
Wisata Sumberboto ini berlokasi di desa Japangan, kecamatan Mojowarno. Obyek wisata di Jombang ini terkenal dengan kolam renang alami, bumi perkemahan, wisma, sarana rekereasi keluarga dan jalur napak tilas pasukan Wanara saat memperjuangkan kemerdekaan RI. Oleh karena itu, di lokasi air Sumberboto juga terdapat monumen perjuangan Wanara. Suasana di wisata air sumberboto berhawa dingin dan asri yang penuh dengan pepohonan.

4. Taman Tirta Keplaksari
Taman Tirta Keplaksari ini merupakan taman wisata buatan yang dibangun untuk sarana wisata rekreasi keluarga. Taman wisata ini berupa taman buatan yang memiliki danau dan kolam pemancingan. Disini juga terdapat kolam renang dewasa, kolam renang anak-anak dan lapangan tenis.

Pada hari-hari libur, taman ini biasanya juga digunakan untuk mengadakan berbagai acara seperti pertunjukan musik. Taman Keplaksari sangat mudah dijangkau karena lokasinya yang persis di sebelah gerbang selatan masuk kota Jombang.

5. Kedung Cinet
Kedung Cinet berlokasi di desa Pojok Klitih sekitar 10 km dari Jembatan Brantas Ploso dan berada di tengah hutan belantara. Saat perjalanan menuju ke lokasi wisata ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang indah dan eksotis. Dalam perjalanan Anda akan menyusuri sungai Brantas dan melintasi jembatan gantung yang manantang adrenalin. Hijaunya alam hutan dan jernihnya aliran air sungai Brantas membuat perjalanan ke wisata Kedung Cinet menjadi terasa istimewa dan mengasyikkan.

6. Sumber Penganten
Obyek wisata Sumber Penganten ini berada sekitar 1 kilometer dari arah kecamatan Jogoproto. Obyek wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi sebagai obyek wisata keluarga yang nyaman dan tenang karena terletak di daerah persawahan jauh dari keramaian kota namun tidak terpencil. Akses jalannya juga mudah dijangkau dengan kendaraan. Beberapa orang sekitar percaya bahwa mereka yang mandi di kolam renang Sumber Penganten akan mendapat berkah.

7. Goa Sriti
Goa Sriti terletak di kecamatan Wonosalam, kabupaten Jombang. Saat akan menuju mulut goa, Anda akan disuguhkan pemandangan yang sungguh luar biasa eksotis. Sesampainya di dalam goa, pemandangan alamnya juga tak kalah indah. Seperti umumnya goa di Goa Sriti juga memiliki dinding yang menyerupai stalagtit dan stalagmit yang saling silang.

Untuk mencapai Goa ini harus melalui jalan setapak dan berliku tapi Anda akan melihat pemandangan kawasan hutan yang hijau alami dan persawahan penduduk.

8. Sendang Made
Sendang yang berukuran 8 x 11 meter ini terletak di desa Made, kec. Kudu, Kabupaten Jombang. Akses jalan menuju wisata Jombang yang satu ini tidak sulit karena bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Sendang Made dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat meditasi Prabu Airlangga dan istrinya menghindari serangan dari pihak lawan. Lokasi Sendang Made ini terjaga rapi dan masih alami.

Selain Sendang Made disekitarnya juga terdapat sendang-sendang lain yang ukurannya lebih kecil, diantaranya adalah Sendang Payung, Sendang Padusan, Sendang Drajat, Sendang Sinden dan Sendang Omben.

9. Kampung Durian
Di desa yang dikenal dengan nama Kampung Durian ini, Anda dapat menikmati sensasi wisata petik buah durian segar langsung dari pohonnya. Buah durian disini berbeda dengan durian daerah lain, buah durian yang terletak di Desa Sumber kec. Wonosalam ini memiliki rasa yang berbeda-beda antara buah yang satu dengan buah yang lainnya.

Bahkan, Anda tak hanya bisa menikmati lezatnya buah durian saja, tapi juga bisa belanja bibit durian sekaligus belajar cara membuatnya agar menghasilkan buah durian yang memiliki rasa berbeda-beda.

Pada setiap musim durian tiba, desa Sumber seolah-olah disulap menjadi desa wisata karena setiap harinya selalu ada wisatawan yang datang. Tidak hanya dari daerah sekitar, tapi tak juga diantaranya berasal dari luar kota bahkan hingga luar negeri.

10. Candi Rimbi
Candi Rimbi atau juga dikenal dengan Candi Caungkup Pulo berlokasi di dusun Ngrimbi, desa Pulosari, kec. Bareng, Jombang berada di tepi jalan raya Mojoagung. Candi bercorak Hindu ini diperkirakan sudah berdiri sejak abad 14 yakni pada zaman kerajaan Majapahit. Candi ini merupakan representasi dari Raja Majapahait Tribuana Wijaya Tungga Dewi yang memerintah dari tahun 1328 – 1350 Masehi. Candi seluas 896,56 meter peersegi ini dibuat dari bahan baku utama batu andesit dan pondasinya dari batu bata.

Kata Kunci :

  • bumi perkemahan si golo golo
  • Cafe di jombang wajib di kunjungi
  • cafe wajib di kunjungi di jombang
  • Kuliner di jombang yang wajib di kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *