10 Cara Mendapatkan Uang dari Blog Indonesia Anda

mendapatkan-uang-dari-blog-300x185

Anda hanya bisa ngeblog di blog berbahasa Indonesia karena terkendala kemampuan bahasa Inggris Anda? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dari blog tersebut karena banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tujuan tersebut. Faktanya, penghasilan dari blog bahasa Indonesia tidak kalah dari blog berbahasa Inggris.

Berdasarkan pengalaman ngeblog saya selama lebih dari 5 tahun, setidaknya ada 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog Indonesia. Kesepuluh cara tersebut saya uraikan di bawah ini.

1. Memasang Iklan PPC

Pay per click (PPC) adalah model menghasilkan uang berdasarkan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang Anda pasang di blog Anda. Dua penyedia PPC terpopuler untuk blog Indonesia adalah Google AdSense dan KlikSaya.

Jika Anda menggunakan cara ini, Anda tidak perlu repot mencari pengiklan karena para penyedia PPC akan menyediakannya untuk Anda. Yang Anda perlukan setelah disetujui sebagai mitra penyedia PPC adalah meningkatkan pengunjung dan atau mengoptimasi tampilan dan posisi iklan tersebut agar uang yang Anda peroleh semakin banyak.

Penghasilan yang akan Anda terima tergantung pada klik yang dianggap sah oleh penyedia PCC. Adapun waktu pembayarannya bergantung pada ketentuan masing-masing penyedia PCC. Sebagai contoh, Google AdSense membayarkan penghasilan Anda setelah 30 hari.

Kekurangan utama metode ini adalah Anda harus menunggu jumlah minimal dan atau waktu pembayaran. Saat menunggu pembayaran tersebut, Anda bisa kehilangan penghasilan karena akun Anda dinonaktifkan. Alasannya beragam, mulai dari klik yang tidak sah sampai posisi iklan yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan penyedia PCC.

Terlepas dari itu, seorang teman saya (blogger Sumedang) menghasilkan lebih dari $2.000 dari Google AdSense. Pengunjung harian blog bahasa Indonesianya di atas 25.000 pengunjung unik.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Afiliasi adalah model menghasilkan uang dari mempromosikan produk (bisa juga jasa) orang lain. Umumnya, Anda tidak perlu membeli produk tersebut untuk menjadi affiliate-nya. Uang yang akan Anda peroleh bergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk yang Anda tawarkan di blog atau di daftar pelanggan blog Anda.

Beberapa contoh afiliasi adalah

  • afiliasi hosting (misalnya hosting Hostgator)
  • afiliasi buku atau ebook
  • afiliasi software (misalnya Long Tail Pro)
  • afiliasi jasa
  • afiliasi barang (misalnya Lazada)

Kelebihan utama afiliasi adalah Anda tidak perlu repot membuat produk yang hendak Anda tawarkan kepada pengunjung blog Anda. Anda tinggal membuatreview atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut. Tentu saja review danbanner tersebut mengandung link afiliasi yang Anda peroleh dari penyedia afiliasi.

Seperti halnya PPC, kelemahan terbesar metode ini adalah Anda tidak memperoleh langsung komisi yang Anda peroleh. Anda harus menunggu dalam jangka waktu atau batas minimal pembayaran yang ditentukan oleh masing-masing penyedia afiliasi. Penghasilan Anda juga bisa hilang karena Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan penyedia afiliasi.

3. Menyediakan Tempat Iklan Mandiri

Iklan mandiri adalah cara mendapatkan uang dengan menyediakan tempat (spot) iklan di blog Anda. Umumnya, iklan mandiri ini bebentuk banner dengan beragam ukuran, seperti 125×125, 300×250, 160×600, dan 780×90.

Dibanding PCC dan afiliasi, cara ini relatif “gurih” dari sisi pembayaran karena uang akan masuk kantong Anda saat tempat iklan Anda dibeli oleh pengiklan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu menunggu dan berbagi komisi dengan pihak penyedia PCC atau afiliasi.

Hanya saja, untuk mendapatkan uang dari iklan mandiri, blog Anda harus memiliki banyak pengunjung setiap harinya. Rumus sederhananya, semakin banyak pengunjung, blog Anda (misalnya 20 ribu pengunjung unik sehari) semakin “seksi” di mata pengiklan karena mereka beranggapan bahwa iklan mereka akan banyak dilihat orang.

Jika Anda masih baru di iklan mandiri, dua artikel berikut dapat membantu Anda dalam mencari pengiklan dan menentukan harga tempat iklan Anda.

  • 4 Tips Cerdas Menggaet Pemasang Iklan bagi Blog Anda
  • Cara Menentukan Biaya Pemasangan Iklan Banner di Blog Anda

Sekadar informasi saja, seorang teman saya (blogger Makassar) bisa menghasilkan lebih dari Rp10 juta per bulannya dari iklan mandiri. Pengunjung harian blognya mencapai 100.000 pengunjung.

4. Menjual Buku Sendiri

Anda bisa menghasilkan uang dari blog Anda dengan menjual buku Anda, baik buku format cetak maupun digital (eBook). Buku cetak Anda ini bisa diterbitkan oleh penerbit lokal atau nasional, atau diterbitkan Anda sendiri (self-publishing).

Di sisi lain, jika Anda menjual eBook, Anda tidak perlu menunggu pihak lain untuk menerbitkan buku Anda atau mengeluarkan uang untuk menerbitkannya sendiri. Yang Anda lakukan adalah mengubah buku Anda dari MS Word ke format PDF. Metode pembayaran untuk eBook tersebut bisa melalui transfer uang ke akun bank Anda atau transfer dolar ke akun Paypal Anda.

Apa pun format buku dan metode pembayarannya, buku yang hendak Anda jual haruslah berkualitas sehingga membantu pembaca blog Anda menyelesaikan masalahnya. Tentunya, Anda harus menyediakan waktu yang tidak sedikit untuk meriset, menulis, dan mengedit buku bermanfaat seperti itu.

Secara pribadi, saya akan menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang dari 3 blog bahasa Indonesia saya. Untuk Blogodolar, saya berencana menjual sebuah ebook pada awal Desember 2014. Rilis buku untuk dua blog lain setelah bulan tersebut.

5. Menyediakan Jasa

Ilustrasi mendapatkan uang dari blogAnda punya keahlian tertentu? Jika ya, Anda bisa mendapatkan uang dengan menawarkan keahlian tersebut di blog Anda. Contohnya, jika Anda mahir mendesain logo, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan logo kepada pengunjung blog Anda.

Selain jasa pembuatan logo, jasa-jasa yang biasa ditawarkan oleh blogger antara lain:

  • Jasa mendesain blog
  • Jasa pembuatan blog
  • Jasa SEO
  • Jasa pembuatan artikel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa pengetikkan skripsi, tesis, atau disertasi
  • Jasa penerjemahan
  • Jasa pembelian barang

Jika klien Anda tanpa perantara, Anda akan memperoleh 100% uang dari jasa Anda. Jika sebaliknya, Anda harus berbagi komisi dengan perantara klien Anda.

Terlepas dari sumber klien, Anda harus menunjukkan keahlian Anda jika ingin banyak klien. Caranya bisa dengan membuat postingan seputar keahlian Anda atau membuat platform. Jika Anda menawarkan jasa pembuatan artikel dalam bahasa Inggris, platformnya berupa daftar klien dan kumpulan tulisan Anda dalam bahasa Inggris.

6. Menjual Theme atau Plugin

Untuk memperoleh uang, Anda bisa juga menjual theme atau plugin di blog Anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau membayar orang lain. Model theme dan plugin yang sering dijual blogger adalah:

  • Theme untuk AdSense, toko online, atau afiliasi Amazon
  • Plugin untuk membuat tabel responsif

Keuntungan dari cara ini adalah uang langsung masuk kantong Anda. Adapun kelemahannya adalah Anda harus menginvestasikan uang yang relatif banyak jika Anda menggunakan jasa programer untuk membuatkan theme atau plugin Anda.

7. Melakukan Drop Shipping

Drop shipping adalah sebuah model bisnis untuk menjualkan produk orang lain. Berbeda dengan afiliasi, si pembeli membeli produk orang lain di Anda. Selanjutnya, Anda mengirimkan uang tersebut ke pemilik produk dan meminta mereka untuk mengirimkan barang ke alamat si pembeli.

Uang yang akan Anda peroleh adalah selisih harga jual dari pemilik produk dengan harga jual yang Anda tawarkan ke pembeli. Misalnya, harga produk dari pemilk adalah Rp 100.000 dan Anda menjualnya ke pengunjung blog Anda sebesar Rp 150.000, maka keuntungan Anda adalah Rp 50 ribu.

Produk-produk yang umum dijual dengan cara drop shipping adalah produk kecantikan, mainan anak-anak, obat kehamilan, obat penurun berat badan, dan alat-alat rumah tangga.

Jika Anda menemukan perusahaan drop shipping yang profesional dan produknya bagus, Anda akan mendapatkan uang yang banyak dan tidak mengecewakan pembeli dari blog Anda. Selain itu, jika Anda mengintegrasikannya dengan Facebook dan BlackBerry messenger, Anda akan memiliki pelanggan setia untuk produk drop shipping Anda.

8. Memberikan Bimbingan Privat

Bimbingan privat (private coaching) adalah metode mencari uang lain yang bisa Anda lakukan di blog Indonesia Anda. Jika Anda menempuh cara ini, Anda harus memiliki keahlian tertentu untuk membimbing klien Anda. Keahlian tersebut akan berbading lurus dengan jumlah uang yang akan Anda terima.

Sebagai gambaran, saya telah membimbing seorang pegawai negeri sipil di Makassar untuk membuat blog bahasa Inggris yang dimonetisasi dengan afiliasi Amazon. Untuk bimbingan ini, tarif yang saya gunakan adalah Rp 2,5 juta untuk delapan kali pertemuan.

9. Menyediakan Membership

Membership adalah program keanggotaan berbayar dalam jangka waktu tertentu. Materi dari program ini tidak ada di blog sehingga eksklusif untuk anggota berbayar.

Uang yang akan Anda peroleh dari program ini akan masuk kantong Anda tiap bulan dalam jangka waktu tertentu (misalnya 6 bulan), tanpa menunggu atau berbagi komisi (jika Anda tidak membuatkan program afiliasinya).

Sayangnya, jika Anda seorang blogger pemula, membership bukan cara yang cocok untuk Anda karena Anda harus memiliki keahlian ekstra. Umumnya yang menggunakan cara ini adalah para blogger sukses, misalnya mereka yang sebulannya menghasilkan $5.000 dari Google AdSense atau afiliasi.

10. Menjadi Pembicara Seminar

Jika Anda seorang blogger otoritas di topik tertentu, Anda bisa mendapat undangan sebagai pembicara di seminar yang berkaitan dengan topik yang Anda bahas di blog Anda. Sebagai contoh, jika Anda seorang blogger otoritas di bidang pengembangan diri, Anda akan diundang sebagai pembicara di seminar seputar pengembangan diri.

Honor akan Anda terima dari cara ini bergantung pada seberapa terkenalnnya Anda. Dari pengalaman saya sebagai pembicara pemula, honor yang saya terima adalah Rp 1 juta untuk seminar teknik penulisan artikel berkualitas.

Kesimpulan

Jika bahasa Inggris menjadi kendala Anda, Anda jangan ragu untuk membuat blog bahasa Indonesia. Setidaknya ada 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang dari blog bahasa Indonesia Anda. Meskipun demikian, jika Anda pemula, Anda harus fokus mencoba satu cara dulu agar hasilnya maksimal. Setelah itu, Anda melanjutkannya dengan mencoba cara lain sehingga sumber penghasilan Anda semakin banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *